6 cm Berapa Meter? Cara Hitung dengan Rumus dan Konversinya


Menurut standar internasional, baik satuan centimeter maupun meter merupakan bagian dari satuan panjang yang sering digunakan. Untuk menghitung 6 cm berapa meter juga bisa menggunakan tangga meteran yang sudah dibuat berdasarkan jenis-jenis satuan yang ada.

Menghitung 6 cm menjadi meter harus menggunakan perhitungan konversi yang sesuai. Konversi dari cm ke meter atau sebaliknya, harus menggunakan prinsip konversi antara perkalian dan pembagian. Perlu dipahami dulu bahwa cm posisinya berada dua tingkat di bawah satuan meter.

Tangga Meteran Satuan Panjang

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, untuk mendapatkan hasil perhitungan 6 cm yang diubah ke meter maka kamu harus hafal dulu urutan tangga meteran untuk menghitung panjang. Jika dilihat berdasarkan tangga meteran, berikut ini urutan satuan panjang:

  • Km (kilometer)
  • Hm (hektometer)
  • Dam (dekameter)
  • M (meter)
  • Dm (desimeter)
  • Cm (centimeter)
  • Mm (milimeter)
Baca Juga:  1 Gram Berapa Hg? Cara Menghitung dan Konversi Berat

Berdasarkan tangga meteran tersebut, untuk bisa konversi centimeter ke meter harus naik dua tingkat. Sedangkan untuk konversi meter ke centimeter harus turun dua tingkat. Lantas berapa nilai 6 cm ke meter? Untuk menghitung hasil satuan ini selain mengacu pada tangga meteran juga ads prinsip hitungnya.

Menghitung 6 cm Berapa Meter Berdasarkan Rumus Konversi

Meskipun sudah ada rumus praktis untuk menghitung nilai konversi satuan panjang, namun tetap saja tangga meteran menjadi dasar perhitungan. Umumnya tangga meteran hanya digunakan untuk melihat selisih jarak tiap satuan dan tingkatnya.

Dengan begitu bisa ditentukan apakah nilai yang akan dikonversi harus dibagi atau dikali. Dalam prinsip konversi satuan panjang, apabila satuan yang akan dikonversi tingkatannya lebih tinggi maka nilai yang dikonversi harus dikalikan dengan 10.

Sebaliknya jika satuan yang dikonversi lebih rendah maka nilainya harus dibagi dengan 10. Angka 10 untuk menentukan nilai konversi ini berlaku kelipatan sesuai dengan jumlah tingkatan satuan panjang tersebut. Lantas bagaimana cara hitung konversi ini?

Diketahui: cm ke meter naik 2 tingkat. Aturan naik tingkat nilai dibagi 10, maka naik dua tingkat artinya harus dibagi 100.

Jawab: konversi meter = nilai cm ÷ 100

Baca Juga:  0,5 Meter Berapa Cm? Cara Hitung Konversi Desimal-Pecahan

Konversi meter = 6 ÷ 100 = 0,06 meter.

Jadi nilai 6 cm berapa meter yang dikonversikan hasilnya setara dengan 0,06 meter.

Contoh Lain Konversi cm ke meter

1. 50 cm ke meter

Panjang tongkat besi 50 cm akan dikonversi ke nilai satuan meter. Berapa nilai 50 cm dalam satuan meter?

Jawab: konversi meter = 50 ÷ 100 = 0,5 meter. Maka 50 cm nilainya sama dengan 0,5 meter.

2. 200 cm ke meter

Sebuah baju dibuat dengan kain yang berukuran sepanjang 200 cm. Panjang 200 cm jika dikonversi ke satuan meter maka nilainya sama dengan berapa?

Jawab: konversi meter = 200 ÷ 100 = 2. Jadi nilai meter yang setara dengan 200 cm adalah 2 meter.

Nilai 6 cm berapa meter kini sudah terjawab dengan tepat menggunakan rumus dan dasar tangga meteran yang sudah disebutkan di atas.

error: