50 Gram Berapa Kg? Jawaban dan Pembahasan Cara Hitungnya


Uinsuka.ac.id – Dalam pelajaran Matematika sering diberikan pertanyaan seperti 50 gram berapa kg. Melihat pertanyaan demikian berarti harus melakukan perhitungan konversi satuan berat dari satuan gram ke satuan kilogram (kg). Ada banyak pertanyaan serupa yang satuan beratnya berbeda.

Namun, tidak perlu bingung karena tidak sulit untuk menghitung konversinya. Sudah tersedia “tangga satuan” berat yang bisa digunakan untuk menghitungnya namun memang akan lebih mudah jika bisa dihafalkan.

Karena nantinya perhitungan konversi satuan bahkan juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti saat membeli barang dalam jumlah berat tertentu yang bentuknya bahan makanan atau benda lain yang digunakan secara umum.

Perhitungan Satuan Berat

Maksud dari istilah tangga satuan berat adalah urutan jenis satuan berat yang umum digunakan dalam berbagai perhitungan sehari-hari. Disebut tangga satuan karena setiap “anak tangga” terdapat satuan berat yang disusun mulai dari satuan terbesar hingga ke satuan terkecil.

Baca Juga:  8 kg Berapa Ons? Cara Hitung dan Konversinya Lengkap

1. Susunan Satuan Berat

Susunan satuan yang diurutkan seperti anak tangga dimulai dari satuan terbesar, yaitu:

  • Kilogram, biasa disingkat kg
  • Hektogram, biasa disingkat hg (umum disebut ons)
  • Dekagram, biasa disingkat dag
  • Gram, biasa disingkat g
  • Desigram, biasa disingkat dg
  • Sentigram, biasa disingkat cg
  • Miligram, biasa disingkat mg

2. Contoh Konversi

Untuk menghitung konversi satuan berat seperti pertanyaan 50 gram berapa kg, maka perlu dipahami prinsip penting berikut:

Konversi satuan berat besar ke kecil yang arahnya turun tangga, maka setiap anak tangga harus dikalikan 10. Contoh: turun 1 anak tangga = x 10, turun 2 anak tangga = x 10 x 10 = 100, dan seterusnya sesuai kelipatannya.

  • 100 gram = 100 x 10 x 10 = 10.000 sentigram
  • 5 kilogram = 5 x 10 = 50 hektogram (atau 50 ons)

Sebaliknya, untuk konversi satuan berat kecil ke besar yang arahnya naik tangga, maka setiap anak tangga harus dibagi 10. Contoh: naik 1 anak tangga = / 10, naik 2 anak tangga = / 100, dan seterusnya sesuai kelipatannya.

  • 2500 miligram = 2500 / 1000 = 2.5 gram
  • 500 gram = 500 / 1000 = 0.5 kilogram
Baca Juga:  10 Pangkat Min 1 Itu Berapa? Ini Cara Hitung Pangkat Negatif

50 Gram Berapa Kg?

Setelah memahami urutan satuan berat dan cara menghitung konversinya, sekarang akan lebih mudah untuk menjawab pertanyaan tersebut. Langkahnya adalah sebagai berikut:

Gram ke kilogram berarti naik 3 anak tangga = dibagi 10 x 10 x 10 = / 1000, sehingga:

50 gram / 1000 = 0,05 kilogram.

Jadi untuk melakukan konversi satuan gram ke kilogram maka besaran nilai gram harus dibagi dengan 1000 seperti yang dilakukan untuk menjawab pertanyaan di atas. Prinsip yang sama juga berlaku untuk semua perhitungan konversi satuan berat lainnya.

Jawaban dari pertanyaan 50 gram berapa kg memang tidak sulit. Pastikan sudah tahu urutan satuan berat dan posisinya agar bisa mengetahui apakah harus melakukan perkalian atau pembagian sesuai kelipatan 10. Jadi sebaiknya hafalkan urutan satuan tersebut agar lebih memudahkan.

error: