300 mL Berapa Gram? Jawaban, Cara Hitung dan Konversinya


Uinsuka.ac.id – Sudah bukan rahasia lagi kalau cara menghitung 300 ml berapa gram sering menjadi pertanyaan. Apalagi mililiter dan gram termasuk satuan hitung yang digunakan untuk memasak. Satuan ini secara umum digunakan untuk menyatakan berat dari bahan makanan.

Meskipun takaran keduanya tetap, namun resep masakan sering memberikan takaran yang berbeda dengan jenisnya. Seperti satuan gram yang semestinya untuk benda padat seperti beras, justru diterapkan untuk bahan cair seperti air.

Konversi Mililiter ke Gram

Mililiter dan gram memang menjadi satuan takaran yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya dalam membuat takaran minuman ataupun masak memasak sehingga harus sesuai. Pengukuran yang tepat bisa mempengaruhi kualitas dari masakan yang dibuat.

Konversi satuan mililiter ke gram dapat dihitung dengan rumus satuan massa jenis dan volume. Rumus ini biasa menunjukkan massa, densitas, dan volume yang dimiliki oleh suatu bahan.

Baca Juga:  Mengubah 40 ml Berapa Gram dan Contoh Soalnya

Seperti misalnya khusus untuk densitas air biasa yaitu 1 gram per mililiter. Ini berarti jika ingin menghitung 100 mililiter air, maka volume yang dimiliki adalah 100 gram.

300 Ml Berapa Gram?

Perlu diketahui bahwa dalam setiap 300 mililiter setara dengan 300 gram (air). Hasil tersebut disesuaikan dengan massa jenis air (densitas), dimana 1 gram sama dengan 1 milililiter. Untuk menghitung 300 ml berapa gram, berarti kalikan 1 gram/ml dengan 300 ml.

Jika masih bingung, simak perhitungannya secara mudah berikut ini:

Diketahui:

Massa jenis air: 1 gram/ml

Volume yang akan dicari: 300 ml

Jawab:

Massa= Massa Jenis x Volume

300 ml = 1 x 300

= 300 gram

Jadi, 300 mililiter air memiliki takaran yang sebanding dengan 300 gram.

Setiap massa jenis atau densitas benda cair tentu berbeda seperti bensin, es, air laut, merkuri dan lainnya. Perhitungan ini hanya berlaku khusus untuk air biasa dengan densitas air 1 g/ml.

Contoh Soal Konversi Mililiter ke Gram

Sekarang akan dilanjutkan dengan contoh soal konversi dari satuan mililiter ke gram (g). Contoh ini akan membantu kamu dalam perhitungan berapa gram dalam 1 mililiter suatu bahan.

Baca Juga:  1000 Meter Berapa Kilometer? Cara Menghitung dan Konversinya

1. Soal 1

20 mililiter (ml) setara dengan berapa gram air?

Diketahui:

Massa jenis air: 100 kg/m3 atau 1g/ml

Volume yang ingin dicari: 20 mililiter

Jawab:

Massa= Massa Jenis x Volume

20 mililiter= 1 x 20

= 20 gram

Jadi, 20 milililiter (ml) setara dengan 50 gram air.

2. Soal 2

Berapa gram dalam 5 mililiter air untuk minum?

Diketahui:

Massa jenis air minum: 1 gram/ml

Volume yang dicari: 50 mililiter

Jawab:

Massa= Massa Jenis x Volume

50 ml= 1 x 50

= 50 gram

Jadi, 50 mililiter air untuk minum setara dengan 50 gram.

Cara menghitung 300 ml berapa gram pada dasarnya bisa dilakukan dengan mudah. Namun perlu diingat bahwa setiap zat mempunyai massa jenis yang tidak sama. Rumus tersebut untuk air biasa dengan densitas air sebesar 1 g/ml atau 1000 kg/m3.

error: