12 Km Berapa Meter? Ini Cara Menghitung & Konsep Konversinya

Uinsuka.ac.idDalam perhitungan matematika sering digunakan sistem konversi. Seperti pertanyaan 12 km berapa meter yang akan dibahas kali ini. Menghitung konversi satuan jarak bisa dilakukan dengan mudah dengan memanfaatkan “tangga satuan” jarak.

Urutan satuan jarak yang terdapat pada tangga satuan jarak disusun mulai dari satuan terbesar, yaitu kilometer. Kemudian satuan jarak lainnya hingga satuan jarak terkecil yaitu milimeter. Perbedaan antara urutan yang satu ke urutan berikutnya adalah kelipatan 10.

Perhitungan Konversi Satuan Jarak

Seperti yang disebutkan di atas, urutan satuan jarak yang disusun pada tangga satuan dibuat mulai dari satuan terbesar hingga ke satuan terkecil. Ini akan memudahkan untuk menghafal urutannya saat harus membuat konversi.

1. Urutan Satuan Jarak

Urutannya adalah seperti berikut, disusun menurut satuan terbesar:

  • Kilometer atau disingkat km
  • Hektometer atau disingkat hm
  • Dekameter yang disingkat dam
  • Meter yang disingkat m.
  • Desimeter yang disingkat dm
  • Centimeter yang disingkat cm
  • Milimeter yang disingkat mm.
Baca Juga:  1,3 Kg Berapa Gram? Cara Konversi Satuan Berat Termudah

Antara satu satuan ke satuan lainnya ada perbedaan sebesar 10 atau kelipatannya. Cara mengetahuinya adalah sebagai berikut:

  • Satuan jarak besar ke satuan yang lebih kecil atau bergerak turun tangga, maka setiap satuan harus dikalikan 10 atau kelipatannya. Misalnya x10, x100, x1000, dan seterusnya.
  • Satuan jarak kecil ke satuan yang lebih besar atau bergerak naik tangga, maka harus dibagi 10 atau kelipatannya.

2. Contoh Perhitungan Konversi Jarak

Dengan beberapa contoh ini, mungkin kamu bisa menjawab sendiri 12 km berapa meter? Perhatikan beberapa contoh berikut untuk memudahkan pemahaman:

  • Kilometer ke hektometer berarti turun 1 anak tangga, jadi harus dikalikan 10. Contohnya 1 kilometer = 1 x 10 = 10 hektometer.
  • Tapi sebaliknya, jika konversinya terbalik, yaitu hektometer ke kilometer, maka 10 hektometer = 10 / 10 = 1 kilometer.
  • Satuan meter ke centimeter berarti turun 2 anak tangga, jadi harus dikalikan kelipatan 10, yaitu 10 x 10 = 100. Jadi 1 meter = 1 x 100 = 100 centimeter.
  • Sebaliknya, melakukan konversi dari centimeter ke meter maka perhitungannya harus dibagi 100. Misalnya 250 cm = 250 / 100 = 2.5 meter
Baca Juga:  Cara Hitung 3/5 + 2/10 dengan Cepat Sesuai Konsep Pecahan

12 Km Berapa Meter?

Setelah memahami penjelasan tentang urutan tangga satuan jarak di atas, sekarang sudah mudah melakukan konversi satuan jarak dalam pertanyaan di atas. Ikuti langkah di bawah ini:

Satuan kilometer ke meter berarti turun 3 anak tangga, jadi artinya 10 x 10 x 10 = 1000. Sehingga:

12 km = 12 x 10 x 10 x 10

12 km = 12 x 1000

12 km = 12.000 meter

Ternyata tidak sulit menghitungnya, bukan? Namun, memang penting sekali agar bisa memahami dan menghafal urutan satuan jarak seperti yang ada pada tangga satuan jarak. Dengan begitu, bisa memastikan apakah urutannya naik atau turun sehingga tahu harus mengalikan atau membaginya.

Tidak sulit menghitung konversi satuan jarak seperti pertanyaan 12 km berapa meter. Dengan catatan, memahami dan menghafal urutan satuan seperti pada tangga satuan, sehingga bisa mengetahui perbedaan urutan dan kelipatan 10 yang harus dihitung.