4 Pangkat 4 Berapa? Pahami Cara Hitung dan Konsep Pangkat

Uinsuka.ac.id – Melihat pertanyaan 4 pangkat 4 berapa artinya harus melakukan perhitungan dengan perkalian. Namun, perkalian tersebut adalah perkalian berulang dengan bilangan itu sendiri. Jumlah nilai pangkat akan menentukan berapa kali bilangan tersebut dikalikan berulang.

Dalam penulisan matematika, nilai pangkat dituliskan di bagian atas bilangan yang akan dihitung. Contohnya 52 yang artinya 5 pangkat 2, atau bisa juga ditulis 5^2. Bagaimana pun penulisannya, artinya tetap sama yaitu bilangan 5 dikalikan berulang 2 kali atau sama dengan 5 x 5 = 25.

4 Pangkat 4 Berapa?

Seperti yang dijelaskan di atas, pangkat artinya mengalikan bilangan utamanya secara berulang sesuai dengan nilai pangkatnya. Dalam pertanyaan di atas maka bilangan utamanya yaitu 4 harus dikalikan berulang sebanyak 4 kali.

Pertanyaan ini juga bisa disederhanakan penulisannya dan dapat langsung dihitung seperti yang dituliskan berikut ini:

4 pangkat 4 = 4^4 (atau 44)

= 4 x 4 x 4 x 4

= 16 x 4 x 4

= 64 x 4

= 256

Jadi jawaban untuk pertanyaan 4 pangkat 4 berapa adalah 256.

Pengertian tentang Pangkat

Melihat langkah-langkah yang diperlihatkan dalam perhitungan di atas maka bisa dilihat bahwa besaran angka yang menjadi nilai pangkat itu yang menentukan berapa kali bilangan utama tersebut dikalikan. Pada contoh di atas, nilai pangkatnya adalah 4 sehingga bilangan utamanya (4) harus dikalikan 4 kali.

Baca Juga:  100 Mm Berapa Cm? Jawaban, Cara HItung, Contoh Soal

1. Perkalian Pangkat

Ingatlah bahwa pangkat merupakan perkalian berulang dari bilangan utama itu sendiri. Perkalian berulang yang dilakukan akan tergantung dari nilai pangkat yang diberikan. Pangkat 5 berarti bilangan tersebut dikalikan sebanyak 5 kali.

Khusus untuk nilai pangkat 2, ada sebutan yang lebih umum yaitu kuadrat. Contohnya 42 atau 4^2. Artinya cukup mengalikan bilangan utama 4 sebanyak 2 kali yaitu 4 x 4 = 16. Penggunaan kuadrat sering terlihat dalam banyak perhitungan rumus matematika, kimia, dan fisika.

2. Contoh Soal

Untuk memudahkan, kita coba dengan melihat contoh lainnya, misalnya:

4 pangkat 5 = 4^5 (atau 45)

= 4 x 4 x 4 x 4 x 4

= 16 x 4 x 4 x 4

= 64 x 4 x 4

= 256 x 4

= 1024

Jadi, berapa kali bilangan utamanya dikalikan berulang akan tergantung dari nilai pangkatnya. Contoh di atas nilai pangkatnya 5. Jadi bilangan utama yaitu 4, harus dikalikan 5 kali sehingga memberikan hasil 1024 seperti di atas.

Prinsip perhitungan yang sama akan berlaku untuk berapapun bilangan utamanya dengan nilai pangkat yang akan menentukan banyaknya perkalian berulang yang harus dilakukan. Pada beberapa perhitungan khusus, nilai pangkat juga bisa bernilai negatif.

Baca Juga:  3 Cara Menghitung Persentase Kenaikan dengan Rumus

Dari perhitungan untuk menjawab pertanyaan 4 pangkat 4 berapa dapat diambil prinsip utamanya. Bahwa bilangan utamanya harus dikalikan berulang sebanyak nilai pangkat yang ditentukan. Dari pemahaman ini maka berapapun bilangan dan nilai pangkatnya akan mudah menghitungnya.