1000 Meter Berapa Kilometer? Cara Menghitung dan Konversinya

Uinsuka.ac.id – Menghitung konversi satuan jarak seperti pada pertanyaan 1000 meter berapa kilometer tidak sulit dilakukan. Hal ini bisa dilakukan jika kamu memahami susunan atau urutan satuan jarak yang ditampilkan dengan tangga satuan jarak untuk memudahkan perhitungan.

Tangga satuan jarak menampilkan susunan besaran jarak mulai dari satuan terbesar di urutan paling atas hingga ke satuan terkecil yang berada di paling bawah. Satuan terbesar adalah kilometer (disingkat km) dan satuan terkecil adalah milimeter (disingkat mm).

Konversi Satuan Jarak dan Contohnya

Untuk memudahkan pemahaman dan menghafalkan urutannya, maka digunakan tangga satuan jarak dengan urutan satuan jarak yang umum digunakan. Berikut adalah penjelasannya.

1. Urutan Satuan Jarak

Berikut adalah urutan satuan jarak mulai dari yang paling besar, yaitu:

  • Kilometer yang disingkat km.
  • Hektogram yang disingkat hm.
  • Dekagram yang disingkat dam.
  • Meter yang disingkat m.
  • Desimeter yang disingkat dm.
  • Centimeter yang disingkat cm
  • Milimeter yang disingkat mm.
Baca Juga:  19.30 Jam Berapa? Cara Menjawab dan Format Waktu

2. Cara dan Contoh Perhitungan

Dari satuan ke satuan lain yang berada di bawahnya, maka harus dikalikan dengan 10 atau kelipatannya. Misalnya dari satuan kilometer ke hektometer hanya turun satu anak tangga berarti dikalikan 10. Contohnya: 1 kilometer x 10 = 10 hektometer.

Namun jika lebih dari satu anak tangga, misalnya kilometer ke meter, yaitu turun tiga anak tangga, maka harus dikalikan 10 x 10 x 10 = 1000. Contohnya 1 kilometer = 1 x 1000 = 1000 meter. Makin jauh tingkatan ke arah turun maka makin besar kelipatan perkalian 10 yang digunakan.

Sebaliknya, jika konversi dilakukan dari satuan kecil dan naik ke arah satuan besar, maka yang harus dilakukan adalah membaginya dengan 10 atau kelipatannya. Contohnya dari milimeter ke centimeter, karena naik satu anak tangga maka dibagi 10. Seperti 10 milimeter = 10 / 10 = 1 centimeter.

1000 Meter Berapa Kilometer

Setelah memahami prinsip perhitungan konversi satuan jarak yang dijelaskan di atas, sekarang tentunya lebih mudah untuk menjawab pertanyaan tersebut. Begini cara melakukannya:

Baca Juga:  1 Cth Berapa mL? Cara Mengukur dan Dosis Takaran Obat

Kilometer ke meter berarti turun 3 anak tangga, artinya 10 x 10 x 10 = 1000.

Jadi 1 kilometer = 1 x 1000 = 1000 meter.

Sekarang perhatikan pertanyaannya, karena ternyata konversinya terbalik, yaitu dari meter ke kilometer. Jadi berarti naik 3 anak tangga sehingga harus dibagi 10 / 10 / 10 = dibagi 1000. Jadi:

1000 meter = 1000 / 1000 = 1 kilometer

Prinsip yang sama juga berlaku untuk perhitungan berbagai konversi satuan jarak lainnya. Namun perlu dilihat secara teliti, apakah susunannya naik atau turun. Seperti pertanyaan 1000 meter berapa kilometer tersebut, konversinya ke arah atas (naik) dari meter ke kilometer sehingga harus melakukan pembagian.

Menghitung konversi satuan jarak seperti pertanyaan 1000 meter berapa kilometer tidak sulit dijawab dengan catatan paham dengan urutan satuan jarak dan perbedaannya. Jadi memahami dan menghafal urutan tangga satuan jarak memang banyak sekali gunanya.