Hasil 3 Pangkat 5 Berapa? Cara Menjawab dan Contoh Soal

Uinsuka.ac.id – Materi tentang perpangkatan termasuk bentuk soal matematika yang biasanya bikin bingung siswa-siswa sekolah dasar, misalnya 3 pangkat 5 berapa. Berbeda dengan perkalian atau penjumlahan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, perpangkatan rasanya kurang familiar.

Kamu pasti jarang mendapati situasi ketika harus memakai operasi perpangkatan saat beraktivitas setiap harinya. Tidak heran jika soal-soal tentang perpangkatan menimbulkan kebingungan atau paling tidak butuh waktu agak lama untuk menyelesaikannya.

Memangnya, bagaimana ya cara menghitung soal perpangkatan yang cepat? Apa saja yang harus diperhatikan saat kamu mendapati soal tentang materi perpangkatan?

Jawaban 3 Pangkat 5 Berapa

Sudah tahukah kamu kalau perpangkatan sama dengan perkalian yang berulang? Perkalian berulang maksudnya jika punya angka tertentu yang dipangkatkan, maka kamu perlu mengalikan bilangan tersebut sebanyak jumlah pangkatnya.

Contohnya, hasil dari 3 pangkat 5 berapa? Coba perhatikan panduan berikut untuk memperoleh jawaban yang benar:

Kalikan bilangan 3 sebanyak 5 kali.

Baca Juga:  5000 Gram Berapa Hg? Cara Hitung dan Satuan Berat

Perhitungannya menjadi 3x3x3x3x3.

Jadi, hasil dari 3 dipangkatkan dengan 5 adalah 243.

Kamu juga dapat menulis bilangan berpangkat dengan notasi berikut ini:

Bilangan perpangkatan menjadi terasa lebih mudah diselesaikan saat bentuk soalnya diubah menjadi perkalian berulang bukan? Saat menjawab soal tentang bilangkan pangkat, kamu bisa mencoba menghitungnya sendiri.

Lebih baik untuk menghindari penggunaan kalkulator jika bentuk bilangannya masih sederhana. Kalkulator pasalnya cuma memberikan jawaban yang praktis, tetapi tidak dengan cara pengerjaannya.

Bagi kamu yang saat ini masih berstatus siswa sekolah, kunci menjawab soal-soal bilangan berpangkat adalah paham operasi perkalian. Saat memahami operasi bilangan perkalian, kamu akan lebih cepat menjawab soal perpangkatan, lho.

Contoh Soal Lain

Perpangkatan merupakan dasar dari perhitungan yang lebih kompleks. Konsep ini sangat sering dipakai dalam mata pelajaran fisika dan matematika. Supaya lebih paham lagi tentang konsep bilangan berpangkat, kamu bisa belajar melalui contoh-contoh soal berikut ini:

1. 2 Pangkat 5 Berapa

Berapa jawaban dari 2 pangkat 5?

Begini cara menjawabnya:

  • Kalikan bilangan 2 sebanyak 5 kali.
  • Perhitungannya menjadi 2x2x2x2x2.
  • Jadi, hasil dari 2 dipangkatkan dengan 5 adalah 32.
Baca Juga:  12 Meter Berapa Cm? Cara Cepat Hitung dan Soal Lainnya

2. 4 Pangkat 3 Berapa

Berapa jawaban dari 4 pangkat 3?

Begini cara menjawabnya:

  • Kalikan bilangan 4 sebanyak 3 kali.
  • Perhitungannya menjadi 4x4x4.
  • Jadi, hasil dari 4 dipangkatkan dengan 3 adalah 64.

3. 5 Pangkat 3 berapa

Anggaplah kamu punya sebuah bilangan x yang sama dengan 5. Berapa nilai x dipangkat 3?

  • Kamu perlu mengganti bilangan x dengan 5, lalu pangkatkan 5 dengan 3. Hasilnya adalah:
  • 5x5x5 = 125.

Kamu sudah bisa kan menjawab soal 3 pangkat 5 berapa? Kamu perlu menyelesaikan lebih banyak soal bilangan berpangkat agar mampu menjawab soal seperti ini dengan cepat. Nantinya mengerjakan tugas-tugas di sekolah tentang perpangkatan pasti jadi lebih gampang!