1 km Berapa Meter? Cara Menghitung dan Contoh Soal Lain


Uinsuka.ac.id – Dalam pelajaran matematika, soal mengenai kilometer, hektometer, meter, dan satuan meteran lainnya banyak ditanyakan dalam tugas hingga ujian. Seperti 1 km berapa meter dan lain sebagainya. Umumnya, soal ini muncul dalam bentuk soal singkat dan soal cerita.

Ketika menghadapi soal yang membahas mengenai satuan meteran, cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan pemahaman tangga meteran. Melalui tangga meteran itu, kamu bisa mengetahui angka yang ditanyakan harus dikali atau dibagi dengan angka berapa.

Cara Menghitung 1 km Berapa Meter

Untuk bisa menghitung satuan kilometer ke meter, ada dua langkah yang bisa dilakukan, yakni mengetahui letak satuan-satuan tersebut kemudian menghitung angka yang ditanyakan. Apabila belum hafal tangga meteran dalam matematika, kamu bisa melihatnya di buku pelajaran.

Baca Juga:  5 Meter Berapa Cm? Cara Hitung dan Contoh Soalnya

1. Ketahui Letak Kilometer dan Meter

Sebelum menghitung soal yang ditanyakan, kamu harus mengetahui terlebih dahulu letak kedua satuan yang ditanyakan. Mengacu pada tangga satuan meteran, km berada di urutan pertama sebagai satuan terbesar dalam meteran, sedangkan meter berada tepat di tengah.

2. Hitung 1 Km ke Meter

Dari tangga satuan meteran, dapat diketahui bahwa km dan m memiliki selisih tiga tangga atau turun sebanyak tiga kali. Maka, tanda yang digunakan adalah perkalian. Tepatnya, angka yang ditanyakan dikali dengan 1000, karena menuruni tiga tangga.

  • 1 km berapa meter?
  • 1 km berapa m = 1 x 1000 m = 1.000 m

Latihan Soal Hitung Satuan Meteran

Mengerjakan soal matematika memang terasa sulit di awal. Namun, kamu bisa terus berlatih agar dapat menghafal rumus-rumus yang digunakan pada tiap bentuk soal. Berikut beberapa soal yang bisa dijadikan sebagai latihan di rumah.

1. Soal Pertama

Pada pagi hari, Kakak berjalan ke pasar untuk membeli bahan makanan. Ia menggantikan Ibu, karena kebetulan Ibu sedang ada pengajian di desa sebelah. Jarak antara pasar dan rumah diperkirakan sejauh 1000 meter. Maka, berapa kilometer jarak yang harus ditempuh Kakak?

  • 1000 meter berapa km?
  • 1000 meter berapa km = 1000 : 1000 km = 1 km
Baca Juga:  5 Jam Berapa Detik? Cara Menghitung Satuan Waktu

2. Soal Kedua

Sebelum berangkat ke sekolah, Adik diminta Ibu menghabiskan susu yang telah disediakan di meja makan. Ibu juga berpesan bahwa Adik harus menghabiskan sarapannya kali ini karena akan gerak jalan sejauh 2 km untuk merayakan 17 Agustus. Berapa meter jarak yang harus ditempuh Adik?

  • 2 km berapa meter?
  • 2 km berapa meter = 2 x 1000 m = 2.000 m

3. Soal Ketiga

Selepas berlatih basket di arena, Ilham selalu dijemput oleh kedua orangtuanya untuk pulang rumah. Ia belum diizinkan untuk pulang sendiri karena masih terlalu kecil dan jarak rumah ke arena sekitar 5 kilometer. Maka, berapa meter jarak rumah Ilham ke arena?

  • 5 km berapa meter?
  • 5 km berapa meter = 5 x 1000 m = 5.000 m

Cara menghitung 1 km berapa meter tidak terlalu sulit, bukan? Sama dengan ketika menghitung sentimeter ke meter. Hanya saja, perhitungan kilometer ke meter menggunakan rumus yang berbeda. Hal itu akan lebih mudah diatasi ketika kamu menghafal tangga meteran matematika.

error: