5 Cara Menghitung Porogapit dan Contoh Soal 2024


Uinsuka.ac.id – Melakukan pembagian pada bilangan ratusan sampai ribuan tentunya cukup rumit jika dihitung dengan hitungan jari. Untuk menyelesaikannya, kamu bisa menggunakan cara menghitung porogapit secara bersusun hingga ditemukan hasil dari pembagian tersebut.

Porogapit merupakan cara menghitung pembagian yang dilakukan secara bersusun dalam sebuah garis pengapit yang berisikan bilangan yang dibagi dan pembaginya. Nama dari porogapit ini berasal dari bahasa jawa yaitu poro bermakna membagi, sedangkan gapit artinya pengapit.

Cara Menghitung Porogapit Bersusun

Sesuai namanya, porogapit didefinisikan sebagai pembagian yang dilakukan secara diapit. Dimana sebuah bilangan pembagi dengan yang dibagi diletakan pada garis pengapit. Materi ini telah dikenalkan mulai kelas 4 SD dan dapat digunakan untuk menyelesaikan pembagian hingga ribuan.

1. Cara Menghitung Porogapit Ratusan

Untuk menghitung pembagian ratusan menggunakan metode porogapit, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menuliskan bilangan yang dibagi di sebelah kanan sedangkan bilangan pembagi di sebelah kiri.

Sebagai contoh 352 dibagi 2 maka dalam metode porogapit ditulis sebagai berikut:

Cara Menghitung Porogapit Ratusan

Selanjutnya, kamu perlu membagi terlebih dahulu dengan bilangan ratusannya. Misalnya dari contoh soal di atas, 352 : 2, maka pertama-tama bagi dengan bilangan terdekatnya. Misalnya 2 dibagi 3 maka akan menghasilkan angka 1.

Lalu, dikalikan dengan hasil dari pembagian tersebut dengan bilangan pembaginya. 2 x 1 = 2, kemudian letakan hasilnya pada bilangan ratusan. Selanjutnya, lakukan pengurangan sehingga 3 – 2 = 1. Maka bilangan ratusannya berganti menjadi 1 lalu turunkan angka 52 hasilnya adalah 152.

Hasil tersebut dibagi lagi dengan dua, untuk hasilnya dicari nilai terdekat karena 1 dibagi 2 tentunya akan nihil. Jadi angka yang mendekati adalah dengan 15 maka dapat dicari bilangan faktor yang menghasilkan perkalian dengan dua yang mendekati angka 15 yaitu 7.

Baca Juga:  12 Cm Berapa Meter? Cara Menghitung Konversinya

Jika 7 x 2 = 14 kemudian angka ini diletakan pada bilangan ratusan dan puluhan, maka ketika dilakukan pengurangan hasilnya adalah 12. Agar hasil pengurangannya nol, bilangan faktor 12 dari 2 adalah 6, dimana 6 x 2 hasilnya adalah 12.

Jadi, hasil dari 352 : 2 = 176

2. Cara Menghitung Porogapit Ribuan

Menghitung pembagian ribuan sebenarnya sama dengan cara pembagian ratusan seperti yang dilakukan di atas. Jika pembagian ribuan dengan satuan, maka hasil yang diperoleh tentunya lebih besar.

Misalnya jika ingin melakukan pembagian 5432 : 3 maka tulis dengan metode porogapit sebagai berikut.

Cara Menghitung Porogapit Ribuan

Langkah pertama adalah membagi bilangan ribuan dengan bilangan pembagi, sehingga 5 : 3 dan hanya akan menemukan hasilnya adalah 1. Dimana angka tersebut yang paling mendekati angka 5 ketika dikalikan 3. Sehingga saat melakukan pengurangan 5 – 3 hasilnya adalah 2.

Selanjutnya bilangan ratusan, puluhan, dan ratusan diturunkan dan hasil dari pengurangan tersebut adalah 2432. Kemudian dicari kembali bilangan faktor yang mendekati angka 24 jika dibagikan 3 maka hasilnya adalah 8.

Jadi setelah pengurangan hasilnya adalah 32. Angka yang paling mendekati puluhan tersebut adalah 3. Maka hasilnya adalah 1, dimana 1 x 3 hasilnya yaitu 3. Jika dikurangi, maka hasilnya adalah 2 karena tidak ada bilangan faktor yang mendekati dua maka diberikan tanda koma pada hasilnya.

Lalu ditambahkan angka 0 dibelakang 2 menjadi 20. Maka angka yang mendekati 20 adalah 18 sehingga jika dibagi 3 hasilnya adalah 6. Karena hasilnya akan sama jika dikurangi adalah 2 maka bisa diketahui hasil dari 5432 : 3 = 181,6

Baca Juga:  Cara Hitung 10 mL Berapa Gram, Penjelasan, dan Contoh Soal

3. Menghitung Porogapit Puluhan

Metode yang digunakan adalah sama, dimana langkah yang dilakukan adalah dengan membagi terlebih dahulu dengan angka pertama dari bilangan yang dibaginya. Kemudian dikalikan dengan bilangan pembagi dan dikurangi pada bilangan yang dibagi.

Misalnya akan melakukan pembagian 78 : 3. Dengan menggunakan cara menghitung porogapit, dapat dituliskan dengan cara berikut.

Menghitung Porogapit Puluhan

Pertama cari terlebih dahulu bilangan faktor yang mendekati angka 7 jika dikalikan dengan 3, maka hasilnya adalah 6. Jadi jika dibagi 3 hasilnya adalah 2, dimana 2 x 3 = 6. Selanjutnya dikurangkan angka 7 dengan 6, maka 7-6 = 1

Bilangan puluhan ini kemudian berganti menjadi angka 1. Dengan begitu, ketika dikurangi hasilnya adalah 18. Bilangan faktor 18 dari 3 adalah 9. Karena 9 x 3 hasilnya adalah 18, maka jika dikurangi hasilnya nol.

Jadi dapat diketahui hasil dari 78 : 3 hasilnya adalah 29.

4. Cara Membagi Bilangan Ratusan dengan Puluhan

Bagaimana cara menghitung porogapit jika bilangan pembaginya puluhan dan bilangan yang dibaginya adalah ratusan? Metode yang digunakan dalam pembagian tersebut pada dasarnya sama yaitu dengan mencari bilangan faktor yang mendekati bilangan yang dibaginya.

Contohnya kamu akan melakukan pembagian 875 : 25. Untuk mengetahui hasilnya dengan metode porogapit, dapat ditulis dengan cara berikut ini:

Cara Membagi Bilangan Ratusan dengan Puluhan

Untuk mengetahui hasilnya, cari terlebih dahulu angka yang mendekati 87 jika dikalikan 25. Maka hasil yang memungkinkan adalah 3 dimana 3 x 25 hasilnya adalah 75. Lalu 87 dikurangi 75 hasilnya adalah 12.

Selanjutnya bilangan satuan diturunkan ke bawah sehingga hasilnya adalah 125. Jika dibagikan kembali dengan 25, maka dapat diketahui hasilnya adalah 5. Pasalnya, 5 x 25 = 125 dan ketika dikurangi maka hasilnya adalah 0.  Hasil dari 875 : 25 adalah 35

5. Cara Membagi Bilangan Ribuan dengan Puluhan

Pembagian yang lebih rumit yaitu membagi ribuan dengan puluhan. Jika menggunakan kalkulator mungkin hasilnya bisa cepat diketahui. Tetapi, jika dengan cara manual akan membutuhkan perhitungan yang lebih akurat. Contohnya 5795 : 30.

Baca Juga:  2 Cara Menghitung Bilangan Pecahan dan 4 Contoh Soal

Cara Membagi Bilangan Ribuan dengan Puluhan

Angka yang mendekati 57 dari 30 adalah 30. Jika dibagikan hasilnya adalah 1, dimana 1 x 30 = 30. Ketika dikurangi 57 – 30 hasilnya adalah 27. Selanjutnya bilangan puluhan dan satuan diturunkan sehingga hasilnya menjadi 2795.

Lalu 2795 jika dicari angka terdekatnya adalah 270 sehingga apabila dibagi 30 hasilnya adalah 9, yaitu 9 x 30 = 270. Angka ini diletakan pada bilangan ribuan, ratusan, dan puluhan. Jadi hasil pengurangan 2795 – 270 = 95.

Maka tersisa angka 95 dibagi 30 dan hasilnya adalah 3 x 30 = 90. Saat dikurangkan dengan angka 95, maka sisanya adalah 5. Karena angka 5 ini adalah satuan agar mendekati dengan angka 30 harus diletakan koma (,) sehingga menjadi 50.

Angka yang paling mendekati 50 dari 30 adalah 30 sehingga saat dikurangi hasilnya adalah 20. Setelah koma letakan angka 1 kemudian angka 0 untuk menambah bilangan satuan pada angka 20 menjadi 200. Angka yang mendekati 200 adalah 180, maka hasilnya adalah 193,16.

Cara menghitung porogapit memang terbilang cukup mudah. Akan tetapi, dibutuhkan perhitungan yang tepat untuk menghasilkan angka yang benar. Jika hasilnya adalah bilangan desimal, maka bisa melakukan pembulatan satu atau dua angka dibelakang koma.

Cara ini terbilang cukup lama digunakan untuk menghitung pembagian pada matematika. Selain mudah, cara ini bisa mengasah kemampuan berhitung baik pembagian, perkalian, maupun pengurangan.

Baca Juga: