2 Cara Menghitung Luas Persegi dan 6 Contoh Soal

Uinsuka.ac.id – Ketika mempelajari mata pelajaran matematika, para siswa pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah persegi, kan? Cara menghitung luas persegi bisa dilakukan menggunakan rumus khusus dengan mengalikan sisinya.

Bangun datar satu ini juga sangat mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari seperti bentuk bingkai, ventilasi, ubin atau keramik, dan masih banyak lagi. Nah, untuk mengetahui cara mencari luas persegi secara lebih jelas, yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Mengenal Bangun Datar Persegi

Bicara soal persegi, sebagian orang pasti akan menjawabnya sebagai bangun datar yang punya bentuk kotak. Persegi atau dikenal juga dengan sebutan bujur sangkar merupakan salah satu jenis bangun datar yang punya karakteristik atau ciri khas tertentu.

Bangun datar satu ini memiliki empat sisi dengan ukuran panjang yang sama besar. Bangun datar ini juga memiliki 4 buah sudut berbentuk siku-siku (90°). Dalam kehidupan sehari-hari, bangun datar satu ini memang sangat mudah ditemui, lho.

Benda-benda di sekitar yang memiliki wujud persegi antara lain cermin, keramik atau ubin, jendela, ventilasi, kain serbet, buku, papan catur, dan masih banyak lagi.

Sifat dan Karakteristik Persegi

Sebelum membahas lebih jauh bagaimana cara menghitung luas persegi, kamu harus memahami sifat atau karakteristik dari bangun datar satu ini. Berikut ini sifat atau karakteristik yang dimiliki persegi untuk membedakannya dari bangun datar lainnya:

  • Keempat sisi persegi memiliki ukuran panjang yang sama.
  • Setiap sudut pada bangun persegi memiliki besar sudut yang sama yaitu 90° (sudut siku-siku).
  • Bangun persegi memiliki 2 diagonal yang memiliki ukuran sama panjang dan saling berpotongan di bagian tengah bangun membentuk sudut siku-siku.
  • Setiap sudut pada bangun ini akan memiliki ukuran besar yang sama ketika dibagi menjadi 2 bagian.
  • Bangun persegi memiliki 4 sumbu simetri.
Baca Juga:  12 Cm Berapa Meter? Cara Menghitung Konversinya

Perbedaan Persegi dengan Belah Ketupat

Banyak orang beranggapan bahwa bangun datar persegi memiliki bentuk yang sama seperti belah ketupat. Meskipun sekilas memang mirip, kedua bangun datar ini ternyata berbeda, lho. Berikut ini beberapa perbedaan antara bangun persegi dengan belah ketupat:

1. Sudut

Padabangun datar persegi, sudut yang dimiliki ada 4 sudut dengan besaran yang sama yaitu 90° (siku-siku). Sementara itu, belah ketupat memiliki sudut berhadapan yang sama besar.

2. Diagonal

Persegi memiliki 2 diagonal dengan ukuran panjang yang sama. Sementara itu, pada bangun datar belah ketupat memiliki 2 buah diagonal yang ukurannya tidak selalu sama panjang sehingga ada diagonal yang lebih pendek daripada diagonal lainnya.

3. Simetri

Bangun persegi memiliki 4 simetri lipat, sedangkan belah ketupat hanya memiliki 2 simetri lipat.

Rumus Cara Menghitung Luas Persegi

Bangun datar persegi bisa dihitung luasnya menggunakan perkalian sisi-sisinya. Rumus untuk menghitung luas persegi yaitu sisi x sisi (s2). Sebelum melakukan penghitungan, kamu harus tahu panjang sisinya terlebih dahulu.

Ada 2 cara yang bisa digunakan untuk mengetahui luas persegi jika belum diketahui sisinya yaitu melalui keliling persegi atau panjang diagonalnya. Agar makin paham, berikut ini penjelasan cara menghitung luas persegi jika diketahui keliling atau panjang diagonalnya:

1. Keliling Persegi

Luas dan keliling memang menjadi hal yang saling berkaitan dalam sebuah bangun datar, termasuk bangun persegi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk bisa mengetahui luas persegi, maka perlu diketahui sisinya terlebih dahulu.

Baca Juga:  50 Meter Berapa Cm? Cara Menghitung & Contohnya

Lalu, gimana kalau belum diketahui panjang sisi persegi tapi sudah diketahui kelilingnya? Nah, langkah yang harus dilakukan yaitu mencari panjang sisi persegi melalui kelilingnya. Untuk menghitung kelilingnya, maka bisa digunakan rumus 4 x sisi.

Jadi, jika sebuah persegi memiliki keliling 24 cm, maka panjang sisinya yaitu 24 : 4 = 6 cm. Dari sinilah, baru bisa dihitung luas persegi menggunakan panjang sisi yang sudah diketahui. Rumus yang dipakai yaitu sisi x sisi = 6 x 6 = 36 cm2. Jadi, luas persegi tersebut yaitu 36 cm2.

2. Panjang Diagonal Persegi

Selain melalui keliling, cara menghitung panjang sisi suatu bangun persegi juga bisa dilakukan melalui panjang diagonalnya. Diagonal pada bangun persegi merupakan sebuah garis memanjang yang menghubungkan antara satu sudut dengan sudut lainnya yang berseberangan.

Bangun datar persegi memiliki 2 diagonal dengan ukuran panjang yang sama. Untuk menghitung luas persegi yang belum diketahui panjang sisinya, kamu bisa menghitungnya menggunakan panjang diagonal persegi.

Contoh Soal Luas Persegi dan Pembahasannya

Menghitung luas persegi bisa dilakukan apabila sudah diketahui panjang sisinya. Kalau belum diketahui panjang sisinya, maka bisa dicari menggunakan keliling persegi atau panjang diagonal. Agar kamu makin paham, berikut ini cara menghitung luas bangun persegi dan penyelesaiannya:

1. Contoh Soal 1

Sebuah keramik memiliki panjang sisi 19,8 cm. Hitunglah luas keramik tersebut!

Penyelesaian:

  • Luas keramik    = sisi x sisi
  • = 19,8 cm x 19,8 cm = 392,04 cm2

Jadi, keramik tersebut memiliki luas 392,04 cm2.

2. Contoh Soal 2

Pak Eri ingin membuat sebuah kolam berbentuk persegi untuk mempercantik rumah minimalisnya dengan panjang sisi 4,75 meter. Berapakah luas taman yang ingin dibuat Pak Eri?

Penyelesaian:

  • Luas taman       = sisi x sisi
  • = 4,75 x 4,75 = 22,5625 m2

Jadi, luas taman yang dibuat Pak Eri yaitu 22,5625 m2.

3. Contoh Soal 3

Andi membeli sebuah jendela berbentuk persegi dengan keliling 85,2 cm. Hitunglah berapa luas jendela tersebut!

Baca Juga:  2 Cara Menghitung Keliling Segitiga dan 3 Contoh Soal

Penyelesaian:

  • Keliling jendela  = 4 x sisi
  • 85,2                   = 4s
  • S                       = 85,2 / 4 = 21,3 cm
  • Luas jendela     = sisi x sisi = 21,3 cm x 21,3 cm = 453,69 cm2

Jadi, jendela tersebut memiliki luas 453,69 cm2.

4. Contoh Soal 4

Sebuah taman memiliki keliling 51 meter. Berapakah luas taman tersebut?

Penyelesaian:

  • Keliling taman   = 4 x sisi
  • 51 meter           = 4s
  • S                       = 51 / 4 = 13 meter
  • Luas taman       = sisi x sisi
  • Luas taman       = 13 x 13 = 169 m2

Jadi, taman tersebut memiliki luas 169 m2.

5. Contoh Soal 5

Sebuah ubin memiliki panjang diagonal 6√2 cm. Berapakah luas ubin tersebut?

Penyelesaian:

  • Luas ubin = d2 / 2 = (6√2)2 / 2 = 72 / 2 = 36 cm2

Jadi, ubin tersebut memiliki luas 36 cm2.

6. Contoh Soal 6

Sebuah cermin memiliki panjang diagonal 18 cm. Hitunglah berapa luas cermin berbentuk persegi tersebut!

Penyelesaian:

  • Luas cermin = d2 / 2 = 182 / 2 = 324 / 2 = 162 cm2

Jadi, luas cermin tersebut yaitu 162 cm2.

Dengan tahu rumusnya, cara menghitung luas persegi tentunya menjadi lebih mudah dikerjakan. Sesuai dengan karakteristik atau sifatnya, luas persegi bisa dihitung apabila diketahui panjang sisinya. Selain itu, luas persegi juga bisa dihitung menggunakan keliling atau panjang diagonalnya.

Karena memiliki empat sisi yang sama panjang, bangun persegi bisa dilipat secara simetri dengan 4 buah sumbu simetri. Bentuk persegi ini sangat mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari mulai dari bentuk papan catur, kain serbet, ubin, cermin, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: