180 Menit Berapa Jam? Cara Menghitung dan Rumus Waktu


Uinsuka.ac.id – Satuan waktu termasuk dalam jenis satuan yang harus dipelajari. Sebab, satuan ini tidak hanya dibutuhkan dalam pelajaran matematika, tapi juga dalam keseharian. Untuk menghitung waktu tempuh, durasi memasak, sisa waktu, dan lain sebagainya. Seperti halnya 180 menit berapa jam.

Dalam satuan waktu yang telah ditemukan beribu-ribu tahun yang lalu, telah ditetapkan bahwa satuan jam memiliki ukuran yang lebih besar daripada menit. Satuan menit memiliki ukuran yang lebih besar daripada detik.

Cara Menghitung 180 Menit Berapa Jam

Sama seperti menghitung dari satuan waktu besar ke kecil, menghitung dari satuan waktu kecil ke besar juga memiliki cara yang tidak jauh berbeda. Keduanya hanya menggunakan tanda yang berbeda. Untuk lebih memahami konsep ini, simak uraian di bawah ini.

1. Ingat Rumus Dasarnya

Ketika mengonversi satuan waktu dari besar ke kecil, tanda hitung yang digunakan adalah perkalian. Sebaliknya, tanda yang digunakan untuk konversi dari kecil ke besar adalah pembagian. 1 jam = 60 menit, 1 menit = detik. Jadi, konversi dari besar ke kecil bisa menggunakan angka yang sama.

Baca Juga:  1000 Meter Berapa Kilometer? Cara Menghitung dan Konversinya

2. Hitung Angka yang Ditanyakan

Setelah mengetahui rumus dasar dari perhitungan waktu tersebut, kamu bisa menghitung 180 menit berapa jam. Karena satuan waktu tujuan yang ditanyakan adalah jam, maka tanda hitung yang digunakan adalah pembagian.

1 menit = 1 x 1/60 jam = 0,0166666666666667

180 menit = 3 jam, dari perkalian 180 x 1/60 jam

Soal Latihan Konversi Waktu

Secara sederhana, dari contoh soal di atas kita bisa menyimpulkan bahwa semua konversi waktu selalu dikaitkan dengan angka 60 atau kelipatan 60. Hanya saja, tanda yang digunakan berbeda-beda. Tergantung pada satuan waktu awal dan yang ditanyakan.

1. Soal Pertama

Pagi hari, Bapak sudah sibuk di dapur untuk membuatkan Ibu sebuah kue coklat di hari ulang tahunnya. Sampai saat ini, Bapak sudah menghabiskan waktu di dapur selama 480 menit. Sesekali suara alat masak terdengar bersenggolan. Maka, berapa jam waktu yang dihabiskan Bapak di dapur?

  • 480 menit berapa jam?
  • 480 menit =480 x 1/60 jam = 8 jam

2. Soal Kedua

Fatimah mendapat tugas dari sekolah untuk membaca buku tentang sejarah Islam. Untuk membaca buku tersebut, ia membutuhkan waktu selama 1 jam 120 detik. Maka, berapa menit waktu yang dibutuhkan dibutuhkan Fatimah untuk membaca buku tersebut?

  • 1 jam 120 detik berapa menit?
  • 1 jam = 60 menit, dari perkalian 1 x 60 menit
  • 120 detik = 2 menit, dari perkalian 120: 60 menit
Baca Juga:  400 mL Berapa Gram? Cara Konversi dan Contoh Soalnya

Maka, waktu yang dibutuhkan Fatimah untuk membaca buku adalah selama 60 menit + 2 menit = 62 menit

Penyelesaian soal 180 menit berapa jam bisa dilakukan menggunakan rumus dasar yang mengaitkan dengan angka 60. Tanda hitung yang digunakan adalah pembagian karena satuan waktu yang dihitung dari kecil ke besar, sehingga didapati hasil 3 jam dari pembagian tersebut.

error: