4 Jam Berapa Menit? Cara Menghitung dan Konversi Waktu

Uinsuka.ac.id – Selain konversi dalam satuan meteran dan berat, pelajaran matematika juga memuat konversi mengenai waktu seperti 4 jam berapa menit. Mengingat, waktu adalah sesuatu yang sangat dekat dengan keseharian kita.

Melalui pengetahuan konversi waktu, kita bisa lebih mudah dalam mengkalkulasi hingga memperkirakannya. Baik waktu yang sudah dilalui maupun yang akan datang. Semakin sering terlibat dalam perhitungan ini, maka semakin cepat pula lah kita menghitung waktu.

Cara Menghitung 4 Jam Berapa Menit

Jika konversi satuan meteran dan berat bisa mengacu pada tangga satuan yang telah dibuat oleh Sistem Internasional, lain hal dengan konversi satuan waktu. Pasalnya, tidak ada tangga satuan dalam hal ini. Jadi, kamu bisa mengacu pada rumus dasar yang sudah ada.

1. Ketahui Rumus Dasar konversi Waktu

Rumus dasar mengenai satuan waktu memuat konversi dari satuan waktu jam – menit – detik (besar ke kecil). Satu jam sama dengan 3.600 detik atau 60 menit. Satu menit setara dengan 60 detik atau 0,0666667 jam. Satu detik setara dengan 0,0011111 jam atau 0,0666667 menit.

Baca Juga:  3 ons berapa gram? Penjelasan dan Contoh Soal

Ketika mengkonversi satuan dari terbesar ke kecil, maka tanda perhitungan yang digunakan adalah perkalian. Ketika menghitung dari satuan terkecil ke besar, tanda perhitungan yang digunakan adalah pembagian.

2. Hitung Soal yang Ditanyakan

Setelah mengetahui rumus dasarnya, baru setelah itu kamu bisa mencoba untuk mengerjakan soal 4 jam berapa menit menggunakan rumus yang telah disebutkan sebelumnya. Lantaran soal yang ditanyakan adalah dari jam ke menit, maka tanda yang digunakan adalah perkalian.

  • 1 jam = 60 menit
  • 4 jam = 4 x 60 menit sama dengan 240 menit

Soal Latihan Konversi Waktu

Perhitungan mengenai konversi waktu ini mungkin sedikit sulit di awal, tetapi jika kita terus berurusan dengan waktu, lama-kelamaan perhitungan itu jadi semakin mudah karena terbiasa. Cobalah mengerjakan beberapa soal berikut untuk melatih pemahaman kamu.

1. Dari Jam ke Menit

Pada hari Rabu, anak-anak kelas 3 SD Kusuma Bangsa melakukan Ujian Tengah Semester (UTS) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Waktu yang disediakan oleh sekolah selama 110 menit. Maka, berapa jam dan detik waktu yang dimiliki oleh anak-anak kelas 3 SD?

  • 110 menit berapa jam dan detik?
  • 110 menit = 110 x 1/60 jam = 1,833333 jam atau setara dengan 1 jam 50 menit
  • 110 menit = 110 x 60 detik = 6.600 detik
Baca Juga:  7 Cara Menghitung Akar Pangkat 2 dan Contoh Soal

2. Dari Jam dan Menit ke Detik

Sebelum jam pulang sekolah, Ibu guru menyampaikan kepada murid-murid bahwa besok akan diadakan latihan baris-berbaris di sekolah. Durasi waktu yang diinformasikan adalah selama 1 jam 4 menit. Jika dikonversi ke dalam detik, maka berapa lama mereka harus latihan baris-berbaris?

  • 1 jam 4 menit berapa detik?
  • 1 jam = 1 x 3.600 detik sama dengan 3.600 detik
  • 4 menit = 4 x 60 detik sama dengan 240 detik

Maka, 3.600 detik + 240 detik = 4.000 detik

Konversi 4 jam berapa menit tidak terlalu sulit, bukan? Selama kamu mengetahui rumus dan perhitungan dasar untuk masing-masing konversi waktu, maka perhitungan soal dalam bentuk apapun jadi terasa mudah. Teruslah berlatih sebanyak-banyaknya untuk mengasah kemampuanmu.