8 Jam Berapa Menit? Cara Hitung Satuan Waktu & Contoh Lain


Uinsuka.ac.id – Menghitung satuan waktu dalam pelajaran Matematika sudah biasa dilakukan. Contohnya seperti pada pertanyaan 8 jam berapa menit ini. Apalagi hal ini juga dilakukan sehari-hari jika diperlukan untuk menghitung waktu.

Satuan waktu yang umum terdiri dari 3 jenis, yaitu: jam, menit, dan detik. Masing-masing memiliki standar konversi sendiri untuk memudahkan perhitungan. Seperti penjelasan berikut 1 hari = 24 jam, 1 jam = 60 menit, dan 1 menit = 60 detik.

Dengan menggunakan standar perbandingan di atas tersebut, perhitungan konversi satuan waktu dapat dilakukan dengan mudah. Termasuk untuk menjawab pertanyaan tersebut.

8 Jam Berapa Menit

Berdasarkan standar perbandingan satuan waktu di atas, pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan melakukan perhitungan berikut:

1 jam = 60 menit, berarti:

8 jam = 8 x 60 = 480 menit

Menjawab pertanyaan 8 jam berapa menit tidak sulit, bukan? Hal yang penting adalah harus mengetahui atau menghafalkan standar perbandingan satuan waktu yang berlaku tersebut. Karena standar ini berlaku umum di seluruh dunia dan digunakan sehari-hari untuk perhitungan waktu.

Baca Juga:  1 Meter Berapa Km? Cara Hitung Cepat dan Contoh Soal

Perhitungan Satuan Waktu

Dalam penerapannya, standar perbandingan satuan waktu sebenarnya tidak perlu dihafalkan. Karena bisa dilihat dengan mudah dengan bantuan jam biasa (analog). Contohnya pada jam dinding atau jam tangan biasa yang terlihat susunan angka 1 sampai dengan 12 yang umumnya dibuat melingkar.

1. Pembagian Waktu

Dalam 1 hari terbagi menjadi 24 jam, namun yang terlihat pada jam biasa adalah angka 1-12. Karena itu sebutannya kemudian dilanjutkan menjadi 13-24 untuk membedakan pagi-siang (1-12) dengan siang-malam (13-24). Saat membaca jam, biasanya ditunjukkan dengan angka yang ditunjuk jarum pendek.

1 jam terdiri dari 60 menit. Jika tidak ingin menghafal, perhatikan saja jam analog tersebut. Di antara setiap angka terdapat titik-titik penanda yang disebut menit. Ada empat titik di antara setiap angka sehingga terbagi menjadi lima bagian, sehingga perhitungannya disebut 5 menit.

Perhitungan 1 jam artinya jarum panjang pada jam analog tersebut berputar mengelilingi 12 angka hingga kembali ke titik awalnya. Sehingga perhitungannya menjadi 12 angka x 5 menit per angka = 60 menit. Jadi untuk menghitung jumlah menit, bisa dilihat dengan angka yang ditunjuk jarum panjang lalu dikali 5.

Baca Juga:  4,5 Cm Berapa Meter? Cara Hitung, Jawaban, Contoh Soal

Terakhir adalah menghitung detik. Prinsipnya serupa dengan menghitung menit. Karena juga melakukan perputaran mengelilingi 12 angka dari titik awalnya. Itu sebabnya jumlah nilainya juga 60.

2. Contoh Lainnya

Berikut adalah beberapa contoh lain yang bisa digunakan untuk berlatih:

  • 38 menit = 38 x 60 detik = 2280 detik
  • 1200 detik = 1200 / 60 = 20 menit
  • 2 jam 45 menit = (2 x 60 menit) + 45 menit = 120 + 45 = 165 menit
  • 3600 menit = 3600 / 60 = 60 jam

Cara menjawab 8 jam berapa menit tidak sulit dilakukan. Jika tidak ingin menghafal tangga satuan karena takut lupa, memahami prinsipnya tentu akan lebih baik sehingga tidak mudah lupa.

error: