1 Dm Berapa Meter? Cara Menghitung dan Contoh Soal Lain


Uinsuka.ac.id – Meter yang merupakan satuan internasional dari besaran panjang, sering kali menjadi patokan dalam konversi satuan panjang. Jangan heran kalau kamu diharuskan untuk mengubah satuan panjang yang lain ke satuan meter saat mengerjakan soal-soal perhitungan, contohnya 1 dm berapa meter.

Sebenarnya materi tentang konversi satuan ini merupakan salah satu hal dasar dalam dunia sains. Bukan hanya perubahan dari dm ke meter, kamu juga akan menemukan konversi satuan massa, muatan listrik, kalor, dan sejenisnya.

Lantas, bagaimana cara menyelesaikan soal-soal terkait konversi satuan? Apa yang harus dipahami saat mau mengubah dm ke meter? Yuk, baca terus artikel ini untuk menambah pengetahuanmu tentang sains dasar.

Jawaban 1 Dm Berapa Meter

Jawaban atas semua soal-soal yang terkait dengan konversi satuan adalah mengetahui nilai kesetaraan antara satuan-satuan tersebut. Jika mau mengubah dm ke meter, maka harus tahu nilai kesetaraan antara dm dan meter ini.

Baca Juga:  130 mL Berapa Gelas? Cara Menjawab, Perhitungan dan Contoh

Setelah mengetahui nilai kesetaraannya, pasti bisa menyelesaikan soal-soal konversi satuan dengan sangat cepat. Nah, kalau mendapatkan soal 1 dm berapa meter, bagaimana akan menjawabnya?

Pertama dan paling utama, harus tahu nilai kesetaraan antara dm dan meter. Coba ingat-ingat kembali pelajaranmu sewaktu SD tentang anak tangga satuan panjang. Bukankah 1 meter setara dengan 10 dm?

Artinya, kalau mau mengubah nilai dm ke meter, maka perlu membagi angka 1 dengan angka 10. Jadi, 1 dm setara dengan 0,1 meter.

Bagaimana cara mendapatkan angka 0,1 meter tersebut? Kamu bisa membagi 1 dm dengan angka 10. Selain itu, nilai 0,1 meter ini dapat pula ditulis menjadi 1×10-1 meter.

Contoh Soal Lain

Sudah tahu kan, bagaimana cara mengkonversi dm ke meter? Sekarang, kamu bisa mengerjakan contoh-contoh soal yang lebih bervariasi berikut ini:

1. 10 Dm Berapa Meter

Ingat bahwa mengubah dm ke meter hanya memerlukan operasi bilangan pembagian. Kamu perlu membagi angka yang terkait dengan satuan dm dengan 10. Begini cara kerjanya:

Baca Juga:  8 Cara Menghitung Akar Pangkat 3 dan Contoh Soal

10 dm   = 10 : 10 meter = 1 meter.

2. 100 Dm Berapa Meter

Kamu bisa menyelesaikannya dengan model perhitungan seperti ini:

100 dm = 100 : 10 meter = 10 meter atau juga bisa ditulis dengan notasi ilmiah, yaitu 1×101 meter.

3. 0,2 Dm Berapa Meter

Tidak perlu pusing saat mendapatkan soal konversi bilangan pecahan desimal. Kamu bisa menyelesaikannya model perhitungan seperti ini:

0,2 dm  = 0,2 : 10 meter = 0,02 meter

Bisa ditulis dalam notasi ilmiah seperti ini:

0,2 dm = 2×10-1 : 1×101 meter = 2×10-2 meter.

Pertanyaan 1 dm berapa meter ternyata bisa diselesaikan dengan gampang. Cukup ketahui nilai kesetaraan antara antara kedua satuan tersebut dan gunakan materi pembagian atau perkalian!

error: