4 Cm Berapa Meter? Cara Hitung, Jawaban, Contoh Soal Lain


Uinsuka.ac.id – Konversi satuan panjang dari cm ke meter akan sering didapatkan selama masih mengenyam bangku sekolah, contohnya seperti 4 cm berapa meter. Sebagian orang sudah sangat paham cara untuk menyelesaikan soal semacam ini, tetapi sebagian lainnya masih kebingungan.

Nah, buat yang merasa bingung, artikel ini dikhususkan untukmu. Kamu akan memperoleh cara yang tepat dalam mengubah satuan cm ke meter. Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu kenapa kebanyakan soal mengharuskan perubahan dari cm ke meter.

Tertarik untuk belajar pengetahuan sains dasar lebih lanjut? Yuk, baca artikel ini sampai habis, jangan lewatkan apa pun!

Jawaban 4 Cm Berapa Meter

Pertama dan paling utama, harus tahu bahwa meter adalah satuan internasional. Apa itu satuan internasional? Satuan yang didefinisikan dengan pasti sebagai pembanding satuan-satuan lokal yang lebih bervariasi di berbagai negara.

Satuan internasional ini menjadi pembanding atas tujuh besaran pokok, yang salah satunya adalah panjang. Nah, besaran panjang dideskripsikan oleh satuan meter. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa kebanyakan soal-soal konversi satuan di sekolah melibatkan satuan meter.

Baca Juga:  600 cc Berapa ml? Rumus dan Pembahasan Konversinya

Kembali kepada pertanyaan 4 cm berapa meter, bisa mengikuti aturan berikut untuk menjawabnya:

  • Ingat kembali satuan anak tangga panjang, yang mana dari cm ke meter akan naik dua anak tangga.
  • Setiap anak tangga bernilai 10, yang artinya dari cm ke meter akan dibagi 100.
  • Kenapa dibagi 100? Sederhana, karena jika naik satu anak tangga maka dibagi 10, sedangkan turun anak tangga akan dikali 10.

Sekarang, tahu 4 cm akan setara dengan berapa meter? Jawabannya tidak lain, yaitu 0,04 meter. Kamu juga bisa menulisnya dalam notasi ilmiah, yakni 4×10-2 meter.

Contoh Soal Lain

Ada lebih banyak soal yang mengharuskan kamu untuk mengkonversi cm ke meter, mulai dari yang sederhana hingga kompleks. Berikut contoh-contoh soal yang dapat melatih kemampuanmu dalam mengonversi satuan panjang:

1. 0,3 Cm Berapa Meter

Kamu dapat menjawabnya begini;

0,3 cm  = 0,3 : 100 meter = 0,003 yang bisa juga ditulis menjadi 3×10-3 meter.

Kira-kira, bagaimana ya cara mengubah angka 0,003 meter menjadi 3×10-3 meter? Berikut tips gampangnya:

  • Geser koma di belakang nol hingga yang tersisa hanya bilangan bulat.
  • Setiap satu koma yang digeser akan setara dengan pangkat 1. Jadi kalau menggeser koma sebanyak 3 kali, maka pangkatnya menjadi 3.
  • Pangkat minus menandakan bahwa notasi ilmiah tersebut berasal dari bilangan desimal.
Baca Juga:  1,2 Kg Berapa Gram? Cara Hitung dan Satuan Panjang SI

2. 30 Meter Berapa Cm

Berbeda dengan konversi dari cm ke meter yang melibatkan pembagian, kamu akan menggunakan perkalian saat mengubah satuan meter ke cm. Begini cara menjawabnya:

30 meter = 30 x 100 cm = 3000 cm yang bisa ditulis menjadi 3×103 cm.

Soal 4 cm berapa meter mengandalkan operasi bilangan pembagian dan perkalian. Kamu harus pandai dalam dua operasi bilangan ini agar bisa menjawab dengan cepat!

error: