4 Kg Berapa Ons? Cara Menghitung dan Urutan Satuan Berat

Uinsuka.ac.id – Ada banyak satuan berat atau massa yang umum digunakan. Biasanya untuk mengukur berat benda dalam perdagangan atau berbagai aktivitas lainnya. Melakukan konversi satuan berat seperti pertanyaan 4 kg berapa ons merupakan salah satunya.

Untuk memudahkan menghafal dan memahami berbagai satuan berat dan juga memudahkan melakukan perhitungan konversi, maka dibuatkan “tangga satuan” berat yang mengurutkan berbagai tingkatan satuan berat dimulai dari yang terbesar hingga terkecil.

Perhitungan Konversi Satuan Berat

Seperti yang disebutkan di atas, pembuatan urutan satuan berat ini akan memudahkan orang untuk melakukan perhitungan konversi seperti pertanyaan 4 kg berapa ons. Dengan mengetahui cara menghitungnya, maka melakukan konversi tidak sulit lagi.

1. Urutan Satuan Berat

Berikut ini adalah urutan satuan berat mulai dari satuan terbesar:

  • Kilogram disingkat kg
  • Hektogram disingkat hg. Namun sebutan umum yang dikenal orang adalah ons.
  • Dekagram disingkat dag
  • Gram disingkat g (atau terkadang gr).
  • Desigram disingkat dg
  • Miligram disingkat mg
Baca Juga:  20 Ons Brp Kg? Cara Menghitung Cepat dan Contoh Soal

Dari satuan ke satuan lainnya, misalnya kilogram ke hektogram, atau gram ke desigram, yang arahnya menurun maka perhitungannya harus dikalikan dengan 10 atau kelipatannya. Seperti 10, 100, 1000, dan selanjutnya. Karena makin ke bawah maka nilainya akan makin membesar.

Sebaliknya, jika urutannya naik dari yang kecil yang satuan lebih besar, maka harus dibagi dengan 10 atau kelipatannya.

2. Contoh Konversi Satuan

Berikut adalah beberapa contoh sederhana untuk membantu pemahaman:

  • 1 kilogram x 10 = 10 hektogram.
  • 1 kilogram x 100 = 100 dekagram. Karena dari kilogram ke dekagram turun dua tangga berarti dikalikan 10 x 10 = 100.
  • 100 miligram / 10 = 10 desigram.
  • 100 miligram / 100 = 1 gram, karena naik dua tangga berarti dibagi 10 x 10 = 100.

4 Kg Berapa Ons?

Setelah memahami urutan satuan berat yang sesuai dengan tangga satuan berat yang dibahas di atas, sekarang kita hitung konversi dari pertanyaan tersebut agar bisa menjawabnya. Ikuti langkah berikut untuk menghitungnya:

Satuan kilogram ke ons (hektogram) berarti turun satu tangga, artinya harus dikalikan dengan 10. Jadi:

  • 1 kg = 1 x 10 = 10 hg atau ons. Sehingga:
  • 4 kg = 4 x 10 = 40 ons.
Baca Juga:  150 Mm berapa Cm? Konversi Satuan Panjang & Cara Hitung

Tidak sulit, bukan? Hal terpenting adalah harus memahami urutan satuan berat seperti yang tertera pada tangga satuan di atas. Pada umumnya, orang memang mengenal satuan ons, bukan hektogram. Itu sebabnya banyak yang kebingungan melakukan konversi karena satuan berat ons tidak ada di urutan.

Satuan hektogram memang jarang digunakan orang secara umum. Sebutan yang umum digunakan adalah ons, khususnya jika ingin menimbang berat yang relatif kecil. Misalnya 1 ons = 100 gram. Jadi mulai sekarang sudah tidak bingung lagi, karena satuan ons sama dengan satuan hektogram.

Setelah memahami tangga satuan berat di atas, menjawab pertanyaan 4 kg berapa ons ternyata amat mudah. Karena hanya perlu mengalikannya dengan 10 karena ons berada satu tangga lebih rendah dari kilogram. Menghafal dan memahami susunan satuan berat memang sangat berguna.