1 Gram Berapa Hg? Cara Menghitung dan Konversi Berat


Uinsuka.ac.id – Satuan berat tidak hanya kg dan gram saja, tapi masih banyak lagi yang lainnya. Setiap satuan berat memiliki nilai yang berbeda-beda jika diubah menjadi satuan berat yang lain. Seperti pertanyaan yang biasa muncul, yaitu 1 gram berapa hg.

Untuk menjawabnya, kamu perlu paham dengan jenis-jenis satuan berat, sehingga nanti ketika akan mengonversi menjadi satuan yang lain bisa dengan mudah dilakukan. Agar lebih paham tentang konversi satuan berat, khususnya dari gram ke hg, simak pembahasannya berikut ini!

Jawaban 1 Gram Berapa Hg?

1. Cara Menjawab

Cara konversi satuan berat bisa dilakukan dengan memakai tangga satuan besaran massa, yaitu setiap naik satu tangga, maka nilai satuannya dibagi dengan 10. Lalu, jika naik sebanyak n tangga, maka nilai satuannya dibagi dengan 10 pangkat n.

Begitu pula sebaliknya, jika setiap turun satu tangga, maka nilai satuannya dikali dengan 10. Lalu, jika turun sebanyak n tangga, maka nilai satuannya dikali dengan 10 pangkat n.

Baca Juga:  5 ml Berapa Gram? Ini Cara Hitung dan Pembahasannya

2. Jawaban

Untuk mengkonversi dari gram menjadi hg, berarti naik dua tangga. Maka, kamu harus ingat bahwa nilai 1 hg = 100 gram. Dengan begitu, sebaliknya jika akan mengubah satuan gram menjadi hg, maka besar gramnya dibagi dengan 100.

Jika menghitung 1 gram berapa hg, maka caranya 1 g = 1/100 hg sehingga hasil akhirnya adalah 0,01 hg.

Menghitung Konversi Berat Lainnya

Selain gram ke kg, terdapat konversi lain yang juga sangat  penting untuk dipahami. Berikut ini beberapa konversi umum dari satuan berat lain menjadi satuan hg yang ada dalam sistem metrik:

  • 1 kg = 10 hg
  • 1 dag = 0,1 hg
  • 1 gram = 0,01 hg
  • 1 dg = 0,001 hg
  • 1 cg = 0,0001 hg
  • 1 mg = 0,00001 hg

Contohnya, jika kamu mempunyai buah apel seberat 500 gram, berapa berat apel tersebut jika dikonversi menjadi satuan kg?

Untuk mengkonversi gram menjadi kg, kamu harus membagi jumlah gram dengan 1000. Jadi, perhitungannya yaitu 500 gram = 500 : 1000 = 0.5 kg.

Agar lebih paham, akan diberikan contoh konversi satuan berat yang lain. Jika kamu mempunyai mangga seberat 3 ons, berapa berat mangga tersebut jika diubah menjadi satuan kg?

Baca Juga:  4 Cara Menghitung Bilangan Biner dan Contoh Soal 2024

Untuk mengonversi dari ons ke kg, kamu perlu paham bahwa nilai ons setara dengan hg. Jadi, 1 ons = 0,1 kg. Dalam mengkonversi ons menjadi kg, kamu harus membagi jumlah ons dengan 10. Perhitungannya yaitu 3 ons = 3 : 10 = 0,3 kg.

Dalam memecahkan pertanyaan “1 gram berapa hg?”, jawabannya yaitu 0,01 hg. Hasilnya diketahui dengan membagi nilai gram dengan 100. Setelah itu, akan diperoleh hasil dalam satuan hg. Penting untuk memahami konsep satuan berat supaya mudah menghitung nilai konversinya dengan cepat.

error: