50 Cm Berapa Meter? Cara Hitung dan Contoh Soal Cerita

Sebenarnya, 50 cm berapa meter? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka hal yang harus kamu lakukan adalah dengan menerapkan konsep perhitungan tangga satuan panjang. Dengan prinsip tangga satuan panjang, soal ini akan bisa kamu selesaikan dalam waktu satu detik saja.

Dalam tangga satuan panjang, kamu akan menemukan beberapa satuan panjang mulai dari Kilometer (km), Hektometer (hm), Dekameter (dam) hingga meter (m). Selain itu, ada juga Desimeter (dm), Centimeter (cm) dan yang terakhir adalah Millimeter (mm).

Pada aturan tersebut, turun satu tingkat mengharuskan konversi dikalikan 10. Sementara itu jika konversi ternyata naik, maka cukup dibagi dengan 10. Sampai sini, sudah bisa dipastikan jika konsep jawabannya cukup mudah, bukan?

Lantas, 50 Cm Berapa Meter?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, kamu harus terlebih dahulu memahami model soal yang diberikan. Biasanya, model soal yang diberikan itu bisa langsung dalam uraian angka matematika. Misalnya: 2 + 3 = … Kalau menemukan pertanyaan begini, tentu saja jawabnya lebih mudah.

Baca Juga:  2% dari 1 juta Berapa? Cara Menghitung Persentase dengan Cepat

Yang paling menjadi momok pelajar adalah jika sudah menemukan soal yang berbasis soal cerita. Beberapa uraian panjang dan lebar harus benar-benar dipahami kemudian baru disimpulkan dalam sebuah kalimat matematika. Dalam beberapa kasus, kesalahan malah bukan dari perhitungan.

Adapun kesalahan terbesar para siswa biasanya malah pada penerjemahan soal cerita pada kalimat matematika. Oleh sebab itu, kamu harus banyak latihan kerjakan soal cerita agar bisa menaklukkan materi konversi panjang dengan mudah. Oleh sebab itu, langsung simak contoh berikut ini.

Contoh Soal

Aladin memiliki 3 kayu berukuran masing-masing 50 cm. Rencananya, Aladin akan menyelimuti badan kayu dengan menggunakan kertas kado. Lantas, berapa meter total panjang kertas kado yang dibutuhkan Aladin untuk membungkus seluruh kayu yang dimilikinya?

Jawaban:

Cm ke m dalam tangga satuan panjang mengalami kenaikan sebanyak 3 kali, oleh karenanya sebagian besar orang akan langsung mengonversi 50 cm menjadi meter dengan membaginya 1.000. Hasilnya, panjang kertas kado yang digunakan menurut perhitungan tersebut adalah 0,05 meter.

Baca Juga:  10 oz Berapa mL? Cara Hitung dan Contoh Soalnya

Yap! Memang benar bahwa jawaban dari 50 cm berapa meter adalah 0,05 meter. Namun, ingat! Kayu yang dimiliki Aladin itu ada 3 buah! Jadi jawabannya sebenarnya belum tepat. Agar tidak lama-lama terjebak kebingungan, intip pembahasannya berikut ini!

50 cm x 3 buah kayu = 150 cm

Maka, 150 cm = … m?

= 150 / (10 . 10 . 10)

= 150/1.000

= 15/100

= 0,015 meter.

Jadi, kertas kado yang dibutuhkan Aladin untuk membungkus seluruh kayunya setidaknya memiliki panjang 0,015 meter.

Pada akhirnya, 50 cm berapa meter memang benar jawabannya adalah 0,05 meter. Namun, kamu juga harus membaca kembali instruksi soalnya. Kesalahan instruksi bisa berakibat fatal karena bisa membuatmu salah jawaban. Jadi, teliti sebelum menjawab soal adalah kunci suksesnya! Semangat!