500 Gram Berapa Kg? Cara Hitung dan Jawabannya


Jika kamu harus membeli barang di pasar modern atau tradisional, maka kamu pasti sudah terbiasa dengan konversi gram ke kg. Penggunaan gram dan kg memang populer di Indonesia. Bahkan bisa dibilang, sentral seluruh satuan berat ada pada gram dan kg. Lantas, 500 gram berapa kg?

Pertanyaan ini seringkali ditanyakan banyak orang. Namun, ternyata tidak semua orang mampu menjawabnya secara spontan meski sering digunakan. Padahal, penyelesaian soal konversi gram ke kg adalah cukup mudah. Cukup aplikasikan rumus pada tangga satuan berat saja.

Biasanya, konversi gram ke kg digunakan untuk mengenali ukuran setengah hingga seperempat kilo. Ukuran ini kerap digunakan jika kamu ingin membeli bahan-bahan kue. Jadi, jangan pernah salah dalam menerapkan ukuran berat, ya!

Jawaban 500 Gram Berapa Kg?

Agar lebih memahami aplikasi penggunaan satuan berat, langsung saja simak contoh soal di bawah ini:

Asri membutuhkan tepung sebanyak 500 gram agar resep donatnya bisa sempurna. Untuk itu, ia harus membeli tepung ke toko kelontong yang ada di dekat rumahnya. Sayangnya, penjual tokonya hanya mengerti ukuran kg dan tidak tahu ukuran 500 gram. Oleh karenanya, Asri harus melakukan konversi.

Jadi, berapa kg yang harus diucapkan Asri pada pemilik toko untuk mendapatkan tepung yang beratnya setara 500 gram?

Jawaban:

Baca Juga:  6 Cara Menghitung Diagram Lingkaran Persen, 4 Contoh Soal

Dalam tangga satuan berat, diketahui gram ke kilogram mengalami kenaikan sebanyak 3 kali sehingga 500 gram harus dibagi dengan 1.000.

500 gram = … kg?

= 500 : (10 . 10. 10)

= 500/1.000

= 5/10

= ½ kg = 0,5 kg

Seperti diketahui bentuk pecahan ½ atau 0,5 lebih mudah dibaca menjadi setengah. Oleh sebab itu, Asri harus mengatakan pada pemilik toko untuk membeli tepung setengah kilogram. Pasalnya, jawaban 500 gram berapa kg adalah ½ atau setengah kilogram.

Istilah Konversi Gram ke Kilogram Lainnya

Selain istilah setengah kilogram, istilah seperempat kilogram juga seringkali digunakan sehari-hari. Biasanya penggunaannya untuk populer di supermarket hingga pasar tradisional. Jika 500 gram setara dengan ½ kilogram, lantas berapa gram ¼ (seperempat) kilogram?

Diketahui kilogram ke gram mengalami penurunan 3 kali. Artinya, kamu harus mengalikannya dengan 1.000. Jadi untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak pembahasannya di sini:

¼ kilogram = … gram?

= ¼ (10.10.10)

= ¼ x 1.000

= 1000/4

= 250 gram

Dari hasil perhitungan di atas, didapatkan hasil bahwa seperempat kilogram itu setara dengan 250 gram. Jadi, jika takaran resep yang dibutuhkan ternyata hanya 200 gram, tidak usah bingung karena kamu cukup membeli sebanyak seperempat kilogram saja. Jadi, sisanya tidak akan banyak.

Baca Juga:  2 Kg Berapa Ons? Jawaban dan Cara Hitung Cepatnya

Dengan menghapal konversi dasar kilogram dan gram di atas, maka kamu sudah tidak perlu lagi bingung jika ada pertanyaan 500 gram berapa kg. Diketahui 500 gram itu setara dengan setengah kilogram sementara 250 gram setara dengan seperempat kilogram.

error: