20 Gram Berapa mL? Cara Menghitung dan Contoh Konversinya

Uinsuka.ac.id – Istilah gram dan mililiter (ml) tentu sudah sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Khusunya untuk yang sering berhadapan dengan takaran bahan dalam membuat makanan atau minuman. Tak jarang, muncul pertanyaan 20 gram berapa ml atau mungkin sebaliknya.

Perlu dipahami bahwa mililiter dan gram termasuk dalam satuan berbeda yang tidak dapat diubah langsung. Meskipun begitu, konversi satuan gram dalam mililiter masih bisa dilakukan. Metodenya adalah memperhatikan kepadatan atau densitas yang dimiliki suatu bahan.

Cara Menghitung 20 Gram Berapa Ml

Mengubah satuan gram dalam bentuk mililiter harus mempertimbangkan bahannya terlebih dahulu. Pasalnya, setiap bahan masakan atau benda memiliki densitas yang sudah pasti berbeda.

Densitas sendiri merupakan massa per satuan volume yang dimiliki oleh sebuah benda. Maka dari itu, densitas sangat mempengaruhi hasil konversi antara satuan mililiter dengan gram. Densitas bahan bisa diketahui dari sumber terpercaya seperti website atau buku teks.

Baca Juga:  1,2 Pangkat 3 Berapa? Cara Mudah Hitung Bilangan Berpangkat

Seperti misalnya untuk air biasa yang memiliki densitas atau massa jenis 1 gram/ml. Berarti untuk mengitung 20 gram berapa ml, maka perhitungannya kurang lebih seperti berikut:

1 mililiter (ml) = densitas bahan x volume

=  1 gram/ml x 20 ml

= 20 ml

Jadi, 20 gram memiliki nilai yang setara dengan 20 mililiter air.

Soal Konversi Gram ke Mililiter

Pembahasan terkait konversi gram ke mililiter tentu akan terasa kurang tanpa contoh soalnya. Maka dari itu, berikut ini akan dibagikan kumpulan contoh soal yang dilengkapi dengan jawaban.

1. Soal 1

Berapa mililiter dalam 20 gram susu bubuk?

Sebelum melakukan perhitungan, kamu harus mencari terlebih dahulu massa jenis susu bubuk. Adapun untuk massa jenis atau densitas dari susuk bubuk adalah 1,03 gram per mililiter.

Perhitungannya yaitu ml = 1,03 gram/ml x 25 gram = 25,75 mililiter. Mililiter atau ml seharunya berupa bilangan bulat, sehingga hasilnya bisa dibulatkan menjadi 26 ml. Jadi, dalam setiap 25 gram susu bubuk setara dengan 26 mililiter.

2. Soal 2

Berapa mililiter (ml) dalam 10 gram gula?

Baca Juga:  12 Meter Berapa Cm? Cara Cepat Hitung dan Soal Lainnya

Langkah pertama, ketahui massa jenis dari bahan makanan yang ingin dihitung. Massa jenis atau densitas bahan gula adalah 0,8 gram/ml.

Berarti perhitungannya yaitu, ml = 0,8 gram/ml x 10 gram = 8 mililiter (ml). Jadi, dalam setiap 10 gram gula memiliki nilai yang sebanding dengan 9 mililiter.

3. Soal 3

Berapa mililiter dalam 20 gram tepung terigu?

Masih sama dengan sebelumnya, cari terlebih dahulu densitas dari tepung terigu. Secara umum, tepung terigu memiliki massa jenis atau densitas 0,6 gram/ml.

Cara menghitungnya, ml = 0,6 gram/ml x 20 gram = 12 mililiter atau ml. Jadi, dalam setiap 20 gram tepung terigu sama dengan 12 mililiter.

Cara menghitung 20 gram berapa ml dapat disesuaikan dengan densitas atau massa jenis bahan. Konversi ini penting, khususnya yang hobi memasak ataupun mengaplikasikan bahan kimia. Dengan begitu, kamu bisa menghemat waktu untuk mendapatkan hasil yang akurat.