5,5 Cm Berapa Meter? Ini Jawaban dan Cara Hitungnya


Baik cm maupun meter, keduanya merupakan satuan panjang yang digunakan untuk mengukur panjang suatu benda atau objek tertentu. Pada kasus soal 5,5 cm berapa meter dapat diketahui bahwa soal ini berkaitan dengan yang namanya konversi satuan panjang.

Setiap satuan panjang bisa dikonversi ke satuan panjang yang lain sehingga keduanya memiliki nilai yang sebanding atau setara. Penyelesaian soal konversi bisa dilakukan secara sederhana menggunakan cara dan perhitungan yang praktis sesuai dengan standar konversi yang ada.

Penyelesaian Soal 5,5 Cm Berapa Meter

Soal konversi dengan angka desimal memang biasanya membuat siswa bingung menjawabnya. Apalagi bagi siswa yang belum paham dengan rumusnya, maka akan merasa kesulitan menyelesaikannya. Lantas bagaimana solusinya?

1. Ketahui Posisi Centimeter ke Meter

Langkah awal yang harus dilakukan untuk menyelesaikan soal ini adalah mengetahui masing-masing posisi satuan panjang centimeter dan meter. Posisi satuan panjang ini sebenarnya bisa langsung dilihat dari tangga meteran.

  1. Kilometer
  2. Hektometer
  3. Dekameter
  4. Meter
  5. Desimeter
  6. Centimeter
  7. Milimeter
Baca Juga:  Berapa 2 Persen dari 1 Juta? Ini Cara Hitung Tanpa Kalkulator

Dari tangga satuan panjang di atas, meter punya posisi dua tingkat lebih tinggi dari centimeter dan sebaliknya centimeter punya posisi dua tingkat lebih rendah dari meter.

2. Selanjutnya Bagi dengan 100

Hukum hitung konversi jika satuan awal lebih rendah dan nilai akan dikonversi ke satuan yang lebih tinggi, maka nilai tersebut harus dibagi dengan 10. Tingkat kenaikan cm ke meter adalah dua kali sehingga 10 × 10 = 100. Jadi nilai cm nantinya harus dibagi 100.

3. Terakhir, Hitung Hasil 5,5 cm ke Meter

Selanjutnya setelah tahu posisi cm ke meter dan hukum pembagian pada nilai konversi maka tinggal diaplikasikan saja. Sehingga 5,5 ÷ 100 hasilnya 0,055 meter. Sebenarnya cara ini bisa lebih cepat dengan menggunakan proses geser decimal.

Pada bilangan desimal 5,5 tanda koma digeser ke kiri sebanyak dua langkah banyaknya. Sebelum bilangan 5,5 harus ada angka 0 ya, karena memang asal bilangan 5,5 adalah 005,5. Sehingga hasilnya 0,055.

Hitung Balik Meter ke Cm

Sebagaimana tahapan cara hitung 5,5 cm berapa meter, maka untuk menghitung konversi sebaliknya pun bisa gunakan cara yang sama dengan mudah. Yang berbeda adalah penggunaan pembagian. Konversi meter ke cm harus turun dua langkah sehingga saat turun nilai konversi harus dikali dengan 10 dan bukan dibagi.

Baca Juga:  KPK dari 20 dan 28 Adalah Berapa? Ini Cara Hitungnya

Maka perhitungannya jadi 5,5 × 10 × 10 atau 5,5 × 100 = 550. Jadi 5,5 meter sama halnya dengan 550 cm. Pada perhitungan ini jika ingin gunakan cara geser decimal maka tanda koma digeser ke kanan atau ke belakang.

Baik cm ke meter maupun meter ke cm memang perhitungannya sederhana, apalagi kedua konversi satuan panjang ini paling sering diterapkan dalam soal. 5,5 cm berapa meter kini sudah terjawab dengan cara yang sederhana dan mudah. Kamu juga bisa melakukan konversi lainnya dengan acuan urutan konversi berat centimeter ke meter.

error: