8 Meter Berapa Cm? Ini Cara Hitung Praktis dan Konversinya

Saat belajar tentang pengukuran panjang suatu objek, kamu pasti dikenalkan dengan beberapa jenis satuan. Dia diantara jenis satuan panjang yang paling sering dipakai adalah cm dan meter. Berbicara soal meter dan cm, 8 meter berapa cm menurut nilai konversinya?

Seringkali dalam pembelajaran ukuran panjang, kamu akan menemukan persoalan yang mengharuskan adanya konversi nilai suatu bilangan dengan satuan tertentu menjadi satuan yang lain. Sama halnya seperti satuan meter bisa dikonversi ke satuan cm dalam soal tersebut, begitupun sebaliknya.

Mengenal Satuan Cm dan Meter

Sebelum membahas solusi dari soal konversi 8 meter ke cm, ada baiknya kamu pahami dulu tentang satuan cm dan meter. Kedua jenis satuan ini merupakan satuan pengukuran panjang yang paling umum dan sering digunakan.

Tidak hanya dalam matematika, kedua satuan ini juga digunakan dalam berbagai bidang ilmu seperti ilmu pengetahuan alam, rekayasa, dan ilmu-ilmu lain yang membutuhkan satuan panjang. Jika dibandingkan, cm levelnya lebih kecil dibandingkan meter. Meter berada dua tingkat di atas satuan cm.

Baca Juga:  20 mL Berapa Gram? Cara Menghitung, Konversi dan Contoh Soal

Agar bisa mengkonversi 8 meter menjadi cm maka harus ada pemahaman keterkaitan antara dua satuan ini. Perlu dihafal terlebih dulu bahwa 1 meter sama dengan 100 cm.

Berpatokan pernyataan ukuran tersebut dapat diambil satu prinsip praktis. Prinsip konversi yang dimaksud adalah konversi cm ke meter nilainya harus dibagi bilangan 100. Sedangkan untuk konversi meter ke cm nilainya harus dikali dengan bilangan 100.

Metode Perhitungan Konversi 8 Meter Berapa cm

Berdasarkan prinsip konversi cm ke meter dan meter ke cm yang sudah disebutkan, ternyata hal tersebut juga bisa jadi patokan cara hitung 8 meter yang diubah ke cm. Sebagaimana prinsipnya, jika nilai yang dikonversi satuannya adalah meter maka untuk bisa jadi cm harus dikalikan dengan bilangan 100.

Maka 8 × 100 = 800 cm. Sehingga nilai 8 meter dengan 800 cm adalah sama atau sebanding. Sebaliknya, jika 800 cm yang harus diubah ke meter maka proses hitungnya jadi 800 ÷ 100 dan hasilnya adalah 8.

Contoh Soal Konversi Meter ke Cm Lainnya

Jawaban untuk 8 meter berapa cm sebagaimana yang sudah dijabarkan di atas bisa menjadi acuan untuk menyelesaikan contoh-contoh soal konversi lainnya. Beberapa contoh soal di bawah ini bisa membuatmu jadi lebih paham tentang solusi konversi meter ke cm:

Baca Juga:  30 Cm Berapa Meter? Cara Menghitung, Rumus, dan Contoh Soal

36 meter Berapa cm

Meter ke cm harus turun dua tingkat, maka nilai konversi harus dikali 100. Maka rumusnya:

Cm = meter × 100

Cm = 36 × 100 = 3600

Maka 36 meter sama nilainya dengan 3600 cm.

15 meter Berapa cm

Cm = meter × 100

Cm = 15 × 100 = 1500

Maka 15 meter sama dengan 1500 cm.

Maka kini sudah terjawab soal 8 meter berapa cm sesuai dengan prinsip dan rumus konversi meter ke cm. Meski sudah ada rumusnya, tetap saja kamu harus hafal urutan tingkatan satuan agar bisa menyelesaikan soal konversi secara tepat.