20 kg Berapa hg? Cara Hitung dengan Konversi Satuan Berat


Bagi kamu yang terjun dalam dunia dagang, mungkin sudah sangat familiar dengan satuan berat kg dan hg. Tak hanya pedagang, di bangku sekolah pun pelajar wajib memahami pembahasan ini. Contoh soal 20 kg berapa hg adalah contoh soal yang mudah diselesaikan sebenarnya.

Penyelesaian satuan berat tidak jauh berbeda dengan penyelesaian soal konversi satuan panjang. Pada satuan massa atau satuan berat pun punya tangga tingkatan berat. Setiap satuan berat ini juga bisa dikonversi dengan nilai yang sebanding.

Mengenal Urutan Tangga Satuan Berat

Jika satuan panjang digunakan untuk mengukur panjang objek, maka satuan berat ini digunakan untuk menimbang berat suatu objek. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, pada pembelajaran satuan massa ini terdapat tangga satuan berat yang harus dihafal sesuai dengan urutannya, yaitu:

  • Kilogram
  • Hektogram
  • Dekagram
  • Gram
  • Desigram
  • Centigram
  • Miligram
Baca Juga:  2 Pangkat 5 Berapa? Cara Menghitung, Contoh Soal, Penjelasan

Untuk mengkonversi kg ke hg, maka harus diketahui dulu posisi kedua satuan massa tersebut. Sebagaimana tangga satuan berat di atas. Bisa dilihat bahwa kilogram atau kg ada di posisi paling atas. Sedangkan hg atau hektogram ada di urutan kedua.

Menyelesaikan Soal 20 kg Berapa hg?

Menyelesaikan soal konversi satuan berat tidak jauh berbeda dengan soal konversi satuan panjang. Soal konversi ini bisa diselesaikan dengan sangat mudah jika sudah paham alur dan prinsip hitungnya. Berikut ini step-stepnya:

1. Tentukan Turun atau Naiknya Satuan

Untuk bisa menentukan naik atau turunnya satuan, maka harus dilihat dari urutan tangga satuan berat yang sudah disebutkan sebelumnya. Kg posisinya ada di paling atas, artinya kg yang dikonversi ke hg harus turun sebanyak 1 langkah saja.

2. Kalikan Nilai Konversi dengan 10

Selanjutnya nilai yang akan dikonversi harus dikalikan dengan angka 10. Hal ini sudah jadi prinsip hitung konversi. Setiap nilai konversi yang satuannya harus turun maka nilai harus dikalikan.

Baca Juga:  1000 Detik Berapa Menit? Cara Hitung dan Satuan Waktu

Sebaliknya jika satuan yang dikonversi harus naik ke satuan yang lebih tinggi, maka nilainya harus dibagi dengan angka 10. Dengan begitu 20 × 10 = 200. Artinya 20 kg berapa hg jawabannya sama dengan 200 hg.

Contoh Soal Konversi Satuan Berat Lain

Agar bisa semakin paham dengan pembahasan konversi satuan berat ini, maka tak ada salahnya jika kamu belajar contoh soal lainnya seperti di bawah ini:

Diketahui suatu benda punya berat 15 kg. Jika dikonversi ke satuan dekagram, maka berapa dag nilai berat benda tersebut?

Jawab: Dag = nilai kg × 10 × 10

Dag = 15 × 100 = 1500. Jadi 15 kg = 1500 dag

Ani menimbang benda seberat 10 hg. Benda seberat 10 hg sama dengan berapa kg?

Jawab: Kg = nilai hg ÷ 10

Kg = 10 ÷ 10 =1. Jadi 10 hg senilai dengan 1 kg.

Berdasarkan penjelasan dan dua contoh soal tersebut, kini sudah terjawab soal 20 kg berapa hg dengan cara yang sederhana, praktis dan sesuai prinsip hitung konversi satuan berat.

error: