Jam 21.00 Jam Berapa? Konsep Konversi Jam & Cara Hitung

Biasanya para pelajar yang masih di level sekolah dasar masih dipusingkan dengan penyebutan Jam yang angkanya di atas angka 12. Seperti misalnya jam 21.00 jam berapa? Kesulitan yang dihadapi siswa biasanya adalah karena angka pada jam dinding atau jam analog hanya sampai angka 12.

Sedangkan pada sistem jam digital biasanya sudah menggunakan sistem angka yang sesuai dengan detail waktu tersebut. Biasanya keterangan waktu dilengkapi dengan simbol am dan pm. Lantas bagaimana agar mengetahui detail keterangan waktu melebihi jam 12?

Cara Memahami Jam 21.00 Jam Berapa?

Sebenarnya untuk memahami waktu dengan angka lebih dari 12 bisa menggunakan beberapa cara praktis. Namun sebelum itu, perlu diketahui bahwa ada konsep keterangan waktu menggunakan am dan pm untuk menunjukkan waktu sesuai jam.

Namun biasanya simbol am dan pm ini hanya digunakan untuk angka jam 1 hingga 12. Adapun am merupakan simbol penunjuk waktu sebelum siang. Jadi semua angka jam sebelum masuk waktu siang ditandai dengan simbol am di belakang angka jam.

Baca Juga:  Konversi 60 mL Berapa Gram? Cara Menghitung dan Contoh Soal

Sedangkan pm merupakan penunjuk waktu setelah siang. Semua penunjuk waktu setelah masuk waktu siang harus diberi simbol pm tepat di belakang angka jam tersebut. Misalnya jam 9 pagi, maka penulisannya menjadi 09.00 am.

Sedangkan jam 3 sore menjadi 03.00 pm. Hal ini berbeda dengan keterangan waktu tanpa simbol am dan pm, yang menggunakan perhitungan 24 jam, bukan 12 jam.. Maka cara memahami konsep waktu tanpa simbol am dan pm adalah:

1. Urutkan Angka Jarum Jam Sesuai Waktunya

Cara pertama yang bisa digunakan adalah dengan mengurutkan angka sesuai dengan waktunya. Seperti yang kamu tahu, angka jarum jam hanya ada 12. Setelah jam 12, jarum akan kembali mengarah ke angka 1 dan seterusnya hingga ke angka 12 lagi.

Hal ini akan berlangsung secara berulang-ulang. Mengurutkan angka jarum jam ini bisa dilakukan dengan diawali saat siang hari jarum jam menunjukkan pukul 12. Setelah itu jika angka jarum jam menunjukkan pukul 1 maka artinya waktu menunjukkan pukul 13.

Baca Juga:  Cara Hitung 1000 mL Berapa Gelas Belimbing dan Plastik

Jika jarum sudah sampai di angka 2, maka artinya waktu menunjukkan pukul 14. Begitu seterusnya urutan jam ini bisa dilakukan hingga pukul 24 atau 00.00 karena pada dasarnya waktu dalam sehari ada 24 jam.

2. Gunakan Rumus Praktis

Tidak semua orang tahu ada rumus penunjuk waktu hingga 24 jam dengan benar. Rumus yang dimaksud adalah mengurangi angka waktu yang akan dijabarkan dengan angka 12. Misalnya dalam hal ini ditanyakan jam 21.00 jam berapa ya?

Maka jawaban berdasarkan implementasi rumus adalah 21.00 – 12.00 = 09.00. Nah, jadi jawabannya jam 21.00 adalah jam 09.00.

Kamu bisa mengaplikasikan rumus ini untuk perhitungan jam lainnya. Dengan menggunakan dua cara praktis di atas, kini kamu bisa menyelesaikan soal jam 21.00 jam berapa atau soal penunjuk jam lainnya di atas jam 12.00. Mudah bukan?