5 Persen dari 100 Ribu Adalah? Ini Rumus Hitung dan Contohnya


uinsuka.ac.id – Dalam aritmatika sosial, memahami perhitungan persen adalah hal yang sangat penting. Contohnya saja pada soal 5 persen dari 100 ribu adalah? Persoalan sederhana ini harus bisa diselesaikan dengan tepat. Selain digunakan untuk kebutuhan hitung di lingkup sosial, soal semacam ini sering ada di sekolah.

Sebenarnya saat menghitung persen dari jumlah total tertentu, artinya kamu sedang menghitung bilangan pecahan. Dalam hal ini angka 100.000 menjadi penyebut. Persen sendiri sebenarnya merupakan suatu perbandingan dari bagian bilangan tertentu.

Cara Mudah Menyelesaikan Soal 5 Persen Dari 100 Ribu

Sebagaimana yang sedikit dijelaskan di atas, persen ada perbandingan 100 dari total bilangan tertentu. Persen disimbolkan dengan %. 1/100 bisa dibaca 1 persen atau 1%, begitupun dengan bilangan lainnya.

Menghitung persen dari total bilangan tertentu biasanya masih dianggap membingungkan bagi sebagian besar pelajar meskipun sebenarnya perhitungannya masih tergolong sederhana. Namun jangan khawatir karena di bawah ini bisa kamu simak dengan baik trik mudah menyelesaikan soal 5% dari 100.000.

Baca Juga:  250 Gram Berapa Kg? Cara Menghitung, Jawaban, Contoh Soal

1. Pahami dan Hafalkan Rumusnya

Sebelum berlanjut ke penyelesaian soal menggunakan rumus, pahami dulu bahwa untuk menghitung persen maka besar persen tersebut nilainya sama dengan jumlah bagian yang dibagi dengan jumlah total bilangan kemudian dikali dengan 100%.

Nilai persen ini nantinya dihitung dari proses mengalikan numerik rasio dan bilangan 100. Agar tidak semakin bingung, ini dia rumus yang bisa dipakai:

Nilai Hasil Persentase = Nilai Persentase bagian ÷ 100 × total nilai

2. Mengaplikasikan Rumus Dalam Contoh Soal

Selanjutnya kamu bisa menyelesaikan soal 5 persen dari 100 ribu menggunakan rumus yang sudah ditetapkan tersebut. Sehingga perhitungannya bisa menjadi:

Nilai Hasil Persentase = nilai persentase bagian ÷ 100 × total nilai

Nilai Hasil Persentase = 5 ÷ 100 × 100.000

Nilai Hasil Persentase = 5000

Jadi 5% dari total 100.000 adalah 5000.

Cara Menghitung Total Persentase dari Nilai Tertentu

Rumus yang digunakan untuk menghitung persentase sebenarnya berbeda-beda tergantung dari tangga pertanyaannya. Jika pada soal sebelumnya sudah diketahui jumlah persentase adalah 5% yang jadi target pertanyaan adalah nilai dari 5% itu sendiri.

Baca Juga:  4 Pangkat 4 Berapa? Pahami Cara Hitung dan Konsep Pangkat

Hal ini berbeda jika nilai persentase belum diketahui sedangkan nilai total bilangan sudah diketahui. Maka bisa gunakan rumus ini: Persentase = jumlah nilai bagian ÷ total nilai ×100%.

Maka untuk mengaplikasikan rumus tersebut adalah:

Persentase = 5000 ÷ 100000 × 100%

Persentase = 0,05 × 100%

Persentase = 5%

Contoh penyelesaian contoh soal tersebut bisa diketahui bahwa 5000 dari total nilai 100.000 adakah 5% dari 100 ribu tersebut.

Memang terkadang menghitung persentase dianggap membingungkan jika belum paham rumusnya. Tapi sebenarnya, perhitungan ini bisa menggunakan logika sederhana saja.

Dengan mengimplementasikan rumus dalam contoh soal 5 persen dari 100 ribu di atas, kini kamu bisa belajar contoh soal persentase lainnya dengan beracuan pada rumus tersebut.

error: