Hasil 80 Cm 1,2 Meter Adalah, Ini Pembahasan Lengkapnya

Uinsuka.ac.id – Soal konversi panjang masih menjadi salah satu momok yang mungkin susah untuk dipecahkan dalam matematika. Terlebih jika dalam satu soal ada beberapa satuan panjang misalnya 80 cm + 1 meter + 2 meter. Jika kamu menemui soal ini, maka hasil dari 80 cm 1,2 meter adalah?

Sebelum membahas jawabannya lebih jauh, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu memahami konsep konversi panjang. Pasalnya, memahami dasar konversi gambar adalah kunci agar kamu bisa menyelesaikan soal tersebut dengan mudah.

Adapun konsep konversi panjang akan lebih mudah dipahami jika mengetahui tentang tangga satuan panjang matematika. Dalam tangga itu, terdapat kilometer (km) sebagai satuan tertinggi kemudian disusul dengan hektometer, dekameter, meter, desimeter, centimeter dan millimeter.

Tangga Satuan Panjang Matematika

Untuk mengulas tuntas tentang soal konversi beda satuan, maka kamu harus menghafalkan posisi dari satuan panjang di bawah ini. Jika tangga tersebut sudah dihafalkan, maka pertanyaan mengenai konversi satuan panjang bisa diselesaikan dengan tuntas. Berikut ini adalah tingkatan tangganya!

Baca Juga:  50 cc Berapa mL? Ini Cara Menghitung dan Contoh Soalnya

Km (Kilometer)

Hektometer (hm)

Dekameter (dam)

Meter (m)

Desimeter (dm)

Centimeter (cm)

Millimeter (mm)

Dari tangga tersebut, bisa kamu lihat bahwa meter berada di posisi tengah. Ini artinya, satuan meter menjadi pusat atau central dari seluruh satuan. Oleh sebab itu, meter banyak digunakan sebagai satuan panjang utama di Indonesia.

Aturan konversi tangga tersebut adalah, turun satu tangga berarti dikalikan 10. Sebaliknya, konversi naik dari tangga berarti dibagi 10. Misalnya: 25 km dikonversi ke meter. Diketahui, meter berada di bawah tiga tingkat dari km. Ini artinya, nilai konversi adalah 25 x 1.000 jadi 25.000 meter.

Hasil Dari 80 Cm 1,2 Meter Adalah Berapa?

Setelah menyelesaikan konversi sederhana 25 km menjadi 25.000 meter, maka kini saatnya untuk mengulas soal 80 cm + 1,2 meter. Diketahui, pertanyaan tersebut memiliki 2 satuan panjang yang berbeda, yakni meter can centimeter. Oleh sebab itu, samakan terlebih dahulu satuannya.

Pada soal kali ini, konversi ke centimeter adalah pilihan yang paling mudah dilakukan. Artinya, 1,2 meter harus terlebih dahulu diubah menjadi centimeter. Diketahui, meter ke cm naik dua tangga yang artinya konversinya harus dikalikan dengan 100. Jadi 1,2 x 100 hasilnya adalah 120 cm.

Baca Juga:  19.30 Jam Berapa? Cara Menjawab dan Format Waktu

Sampai sini, sudah terlihat mudah, bukan? Yap! Kamu hanya tinggal menambahkan 80 cm dengan 120 cm. Nah, jadi jawaban 80 cm + 1,2 meter (120 cm) yaitu 200 cm. Namun, terkadang kamu tidak akan menemukan 200 cm di pilihan ganda. Jika sudah begini, kamu hanya perlu mengonversinya ke meter.

Konversi cm ke meter diketahui naik dua tangga. Artinya, kamu hanya perlu membagi 200 dengan 100. Jadi, 200 : 100 = 2 m. Kesimpulannya, hasil dari 80 cm 1,2 meter adalah 200 cm atau setara dengan 2 meter. Penyelesaian yang sangat mudah, bukan? Jadi, selamat belajar!