1 Ons Berapa Gram? Cara Hitung Cepat dan Jawbannya

Uinsuka.ac.id – Ons merupakan satuan massa yang merujuk pada unit pengukuran tertentu. Di Indonesia, istilah ons sering kali digunakan untuk timbangan pasar. Padahal, namanya sendiri tidak ada dalam tangga “gram” yang jadi satuan berat di Indonesia. Lantas pertanyaannya, 1 ons berapa gram?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya untuk memahami soal konversi ons ke gram terlebih dahulu. Pasalnya, setiap negara memiliki standar penyetaraan ons yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, kamu harus memahami bahwa ukuran ons di Indonesia mungkin berbeda dengan yang lainnya.

Sebagai informasi tambahan, satuan ukuran satuan ons di Indonesia sama dengan Belanda. Hal ini disebabkan karena di Indonesia sendiri diketahui bahwa satuan ons yang digunakan mewarisi dari Belanda. Dan pada dasarnya, istilah ons sendiri didapatkan dari Bahasa Belanda.

Jadi, 1 Ons Berapa Gram?

Pada dasarnya, terdapat dua versi perhitungan ons dan gram. Keduanya memiliki standar yang berbeda-beda. Seperti diketahui, standar ukuran ons di Indonesia mengikuti standar warisan dari Belanda. Sementara itu, definisi internasional menyatakan nilai satu ons yang berbeda.

Baca Juga:  400 mL Berapa Gram? Cara Konversi dan Contoh Soalnya

Menurut definisi internasional, diketahui bahwa satu ons itu setara dengan 28,3495… gram. Jika dibulatkan, maka satu ons internasional itu setara dengan 28,34 gram. Sementara itu, di Indonesia satu ons-nya disebut dan disepakati setara dengan 100 gram.

Perbedaan angka yang cukup besar ini pun kerap menjadi kebingungan. Oleh sebab itu, beberapa standar perhitungan lebih banyak menggunakan satuan gram hingga kilogram untuk mengurangi kesalahpahaman akibat perbedaan persepsi.

Cara Cepat Konversi Ons ke Gram

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dipastikan bahwa 1 ons berapa gram Indonesia itu setara dengan 100 gram. Dengan kesimpulan tersebut, maka kamu bisa hanya mengalikan nilai ons dengan 100 untuk mendapatkan angka konversinya.

Sebagai contoh, kamu ingin membeli cabai hanya sebanyak 5 ons di pasar namun pedagang di sana tidak memiliki timbangan ons. Maka, para pedagang di pasar akan mengonversikan 5 ons tersebut ke gram dengan mengalikannya 100. Hasilnya, 5 ons cabai setara dengan 500 gram cabai.

Sementara itu, dalam tangga satuan berat matematika diketahui bahwa perkalian 100 itu juga termasuk konversi hektogram ke gram. Ini artinya, 1 ons setara atau sama dengan 1 hektogram dalam tangga satuan berat matematika. Jadi, jangan bingung lagi dengan istilah ons lagi, ya!

Baca Juga:  5 km Berapa Meter? Cara Menghitung & Konversi Satuan Panjang

Seperti diketahui dalam tangga satuan berat matematika, kilogram (kg) menempati posisi teratas. Dibawahnya, barulah ada hektogram (hg/ons), dekagram (dag), gram (g), desigram (dg) dan milligram. Adapun satuan yang sering digunakan di Indonesia adalah kg, hg/ons dan gram.

Agar memudahkan konversi, maka setidaknya hafalkan acuan berikut ini: 1 ons/hg = 0,1 kg dan 1 ons/hg = 100 gram. Dari acuan tersebut, jika ada yang bertanya 1 ons berapa gram? Maka jawabannya adalah 100 gram. Perhitungan yang cukup mudah diaplikasikan, bukan?