500 Gram Berapa Ons? Cara Menghitung dan Konversi Berat

Uinsuka.ac.id – Selain pengukuran satuan meteran, satuan berat juga kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi salah satu model soal dalam pelajaran matematika. Seperti halnya 500 gram berapa ons. Meskipun terbilang mudah bagi sebagian orang, nyatanya masih ada yang sering kesulitan.

Sebab, satuan ons tidak tercantum dalam tangga satuan berat secara langsung. Oleh karena itu, banyak yang menyangka bahwa satuan ini tidak termasuk dalam tangga satuan berat. Padahal, jika mengacu pada tangga satuan berat, nilai ons setara dengan hektogram (hg).

Cara Hitung 500 Gram Berapa Ons

Untuk bisa menghitung konversi satuan dari berat satu ke berat lainnya, kamu perlu menghafal tangga satuan berat yang pernah diajarkan dalam matematika. Mulai dari kilogram (kg), hektogram (hg atau ons), dekagram (dag), gram (g), desigram (dg), sentigram (cg), dan milligram (mg).

Baca Juga:  1500 Cm Berapa Meter? Cara Menghitung dan Tangga Satuan Panjang

1. Ketahui Letak Satuan Gram dan Ons

Jika sudah mengetahui urutan satuan berat, akan lebih mudah untuk menentukan letak satuan-satuan yang akan dicari atau dikonversi. Satuan gram berada tepat di bagian tengah pada tangga satuan, sedangkan satuan ons berada di tangga kedua setelah kg.

2. Hitung 500 Gr Berapa Ons

Perlu diketahui, rumus yang digunakan untuk konversi satuan berat sama dengan rumus konversi satuan meteran. Ketika dikonversi ke satuan yang lebih kecil, tanda yang digunakan adalah perkalian. Ketika dikonversi ke satuan yang lebih besar, tanda yang digunakan adalah pembagian.

  • 500 gram berapa ons?
  • 500 gram = 500 : 100 ons = 5 ons

Konversi ke Satuan Lainnya dalam Soal Cerita

Dalam soal matematika, nantinya ada beragam bentuk soal yang akan ditemui. Mulai dari soal dengan bentuk sederhana hingga cerita. Rumus dan trik yang bisa diterapkan pun sama. Kamu hanya perlu fokus pada angka yang ditanyakan dan konversi dari satuan awal ke satuan tujuan.

1. Soal Pertama

Bapak membeli 5000 gram daging di pasar pada pagi hari. Kemudian, Ibu membeli daging 50 gram di supermarket pada siang hari. Pada malam hari, paman membeli daging sebanyak 250 gram di temannya. Maka, berapa gram daging yang mereka miliki sekarang?

  • Berapa jumlah 5000 gram + 50 gram + 250 gram?
  • 5000 gram + 50 gram + 250 gram = 5.300 gram.
Baca Juga:  7,5 Meter Berapa Cm? Cara Hitung Cepat Tanpa Kalkulator

2. Soal Kedua

Kakak membeli bawang merah di pasar sebanyak 300 gram. Adik membeli bawang merah di supermarket sebanyak 400 gram. Setelah itu, mereka pulang ke rumah untuk memberikan bawang merah tersebut kepada Ibu. Maka, berapa ons bawang merah yang ada di rumah sekarang?

  • 300 gram + 400 gram berapa ons?
  • 300 gram + 400 gram = 700 gram = 700 : 100 ons = 7 ons

3. Soal Ketiga

Nenek memiliki tepung sebanyak 30 ons. Kemudian, Kakek memberinya tepung lagi sebanyak 40 ons. Pada sore hari, Ibu datang ke rumah Nenek dan memberinya tepung sebanyak 5 ons. Maka, berapa gram tepung yang dimiliki Nenek sekarang?

  • 30 ons + 40 ons + 5 ons berapa gram?
  • 30 ons + 40 ons + 5 ons = 75 ons = 75 x 100 gram = 7.500 gram

Perhitungan mengenai tangga satuan berat, tidak hanya penting untuk dipahami. Namun juga penting untuk dihafalkan. Semakin melekat tangga satuan berat dalam ingatan kamu, maka semakin cepatlah perhitungan 500 gram berapa ons dan konversi-konversi lainnya.

Baca Juga:  1,6 Meter Berapa Cm? Ini Jawaban dan Konversi Satuan Panjang