700 Cm Berapa Meter? Jawaban dan Cara Menghitungnya

Uinsuka.ac.id – Sudahkah kamu tahu cara mengonversi satuan panjang? Bagi yang pernah bersekolah di SD, pastinya sudah familiar dengan soal-soal seperti 700 cm berapa meter. Soal semacam ini merupakan contoh sederhana dari konversi satuan panjang.

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan soal-soal tentang konversi panjang? Tentu saja, yang paling utama adalah mengetahui nilai kesetaraan antara satuan-satuan yang terlibat. Kalau ingin mengubah cm ke meter, maka harus tahu nilai kesetaraan antara satuan cm dan meter ini.

Kira-kira 1 cm setara dengan berapa meter, ya? Artikel ini akan memberikan penjelasan yang lengkap tentang konversi satuan cm ke meter dan tips menjawab soal dengan mudah.

Kunci Jawaban 700 Cm Berapa Meter

Setiap kali ingin menyelesaikan soal-soal konversi satuan panjang, maka perlu mengulas kembali pelajaran sewaktu SD. Guru saat SD barangkali pernah membahas tentang anak tangga satuan panjang, yang disusun secara berurutan, yaitu: km; hm; dam; m; dm; cm; mm.

Baca Juga:  10 Ton Berapa Kg? Cara Hitung, Contoh Soal dan Pembahasan

Kira-kira, apa hubungan anak tangga satuan panjang dengan konversi satuan dari cm ke meter, ya? Nah, setiap satu anak tangga bernilai 10, yang dapat dikali atau bagi sesuai dengan konversi satuan yang diinginkan.

Contohnya, kalau mau mengubah cm ke meter, maka perlu membagikan angka yang ada pada cm dengan 100. Kenapa menggunakan pembagian? Kalau melihat ke susunan anak tangga, kamu akan tahu bahwa dari cm ke meter diharuskan naik 2 tangga. Berikut contoh soalnya:

700 cm berapa meter?

Jawabannya adalah 7 meter. Nilai 7 meter ini berasal dari mana? Kamu dapat membagikan angka 700 dengan 100, maka akan memperoleh angka 7 meter tersebut.

Contoh Soal Lain

Masih bingung dan butuh lebih banyak contoh soal tentang konversi satuan cm menjadi meter? Tenang saja, berikut contoh-contoh soal yang bervariasi untuk membantu memahami cara mengubah satuan cm ke meter:

1. 3 Cm Berapa Meter

Ingat bahwa perubahan dari cm ke meter mengharuskan kamu naik dua anak tangga dalam anak tangga satuan panjang. Kamu dapat mengerjakan soal “3 cm berapa meter” menggunakan cara ini:

Baca Juga:  2 Cara Menghitung Prisma Segitiga dengan Rumus 2024

3 cm = 3 : 100 meter

= 0,03 meter.

Nah, nilai 0,03 meter juga bisa ditulis dalam notasi ilmiah, yaitu 3×10-2 meter.

2. 2000 Cm Berapa Meter

Begini cara menjawabnya:

2000 cm = 2000 : 100 meter

= 20 meter.

Nah, nilai 20 meter ini bisa juga ditulis dalam notasi ilmiah, yaitu 2×101 meter.

3. 2 Meter Berapa Cm

Perubahan dari cm ke meter melibatkan pembagian, sedangkan kalau dari meter ke cm menggunakan perkalian.

Begini cara menjawabnya:

2 meter = 2 x 100 cm

= 200 cm.

Menjawab soal 700 cm berapa meter sangat gampang, kan? Memanfaatkan pengetahuan tentang perkalian dan pembagian adalah kunci untuk menjawab soal seperti ini.