9 Meter Berapa Cm? Jawaban, Cara Hitung, Contoh Soal Lain


Uinsuka.ac.id – Menyelesaikan soal konversi satuan panjang bisa menjadi perkara mudah asalkan paham nilai kesetaraan dari satuan-satuan yang ada. Kamu juga dapat menjawab pertanyaan 9 meter berapa cm atau pertanyaan-pertanyaan lainnya dengan memahami perkalian dan pembagian.

Sudah tahukah berapa nilai kesetaraan antara meter dan cm? Apakah kamu juga tahu operasi bilangan mana yang harus digunakan, perkalian atau pembagian? Jika belum, bisa terus membaca artikel ini dan mendapatkan tambahan ilmu yang bermanfaat.

Artikel ini akan menjelaskan tentang nilai konversi satuan meter ke cm dan meter ke satuan-satuan lainnya. Kamu mungkin masih mengingat pelajaran tangga satuan panjang saat di sekolah dasar? Nah, sekaranglah waktunya untuk mengulas lagi materi tersebut!

Jawaban 9 Meter Berapa Cm

Konversi satuan panjang sebenarnya bukan hanya bisa ditemukan dalam pelajaran saat SD. Ketika jenjang sekolahmu semakin tinggi, materi ini masih akan terus muncul, khususnya pada pelajaran rumpun matematika dan IPA.

Baca Juga:  300 Detik Berapa Menit? Jawaban dan Cara Hitungnya

Materi satuan panjang merupakan pelajaran matematika dasar sehingga perlu banget untuk dipahami. Nah, sejalan dengan soal 9 meter berapa cm, sudah tahukah cara menjawabnya dengan tepat?

Berikut panduan yang bisa digunakan:

1 meter setara dengan 100 cm.

Kamu akan mendapati bahwa meter dan cm terpisah dua anak tangga dalam tangga satuan panjang, yang tersusun dari: km; hm; dam; m; dm; cm; mm. Kalau mau menghitung kesetaraan dari cm ke m, kamu bisa membagi angka angka yang ada pada cm dengan 100.

Berdasarkan panduan di atas, bisa disimpulkan bahwa 9 meter setara dengan 900 cm. Bagaimana cara memperoleh angka 900 ini?

Berikut cara menjawabnya:

9 meter = 9 x 100 cm

= 900 cm.

Kamu juga bisa menulis angka 900 cm ini menjadi notasi ilmiah, lho. Nah, 900 cm sama saja dengan 9×102 meter.

Contoh Soal Lain

Kamu bisa belajar lebih banyak soal-soal konversi panjang dengan melihat contoh-contoh soal di bawah ini. Jika sudah paham, kamu pun dapat memvariasikannya secara mandiri agar semakin paham!

Baca Juga:  30 Menit Berapa Detik? Cara Menghitung dan Contoh Soal Terbaru

1. 12 Meter Berapa Cm

Berikut cara menjawabnya:

12 meter = 12 x 100 cm

= 1200 cm.

Kamu juga bisa menulis angka 1200 cm ini menjadi 12×102 meter.

2. 0,1 Meter Berapa Cm

Berikut cara menjawabnya:

0,1 meter = 0,1 x 100 cm

= 10 cm.

Kamu juga bisa menulis angka 10 cm ini menjadi 1×101 meter.

3. 15 Cm Berapa Meter

Berikut cara menjawabnya:

15 cm = 15 : 100 meter

= 0,15 cm.

Kamu juga bisa menulis angka 0,15 cm ini menjadi 15×10-2 cm.

Kenapa menggunakan operasi bilangan pembagian dan bukannya dikali seperti contoh-contoh soal sebelumnya? Jawabannya sederhana, karena perlu mengubah cm ke meter dan bukannya meter ke cm.

Bentuk soal 9 meter berapa cm sebenarnya sudah sangat sederhana. Saat menempuh jenjang sekolah yang lebih tinggi, boleh jadi akan mendapatkan soal yang lebih kompleks. Jadi, belajarlah sejak dini!

error: