2 Cm Berapa Meter? Cara Menghitung dan Contoh Soal Cerita


Uinsuka.ac.id – Pertanyaan seputar konversi satuan panjang semacam 2 cm berapa meter kerap muncul. Hal tersebut perlu diketahui cara perhitungannya sebab akan selalu muncul pertanyaan serupa dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itulah kamu harus menguasai caranya dengan baik.

Banyaknya satuan panjang yang kerap digunakan serta dibahas dalam kehidupan sehari-hari seperti sentimeter ataupun meter perlu dipahami dengan baik cara konversinya. Dengan memahaminya, maka kamu bisa menghitung konversi tersebut dengan mudah dan cepat.

Sentimeter atau yang lebih dikenal dengan singkatan cm dan juga meter atau m merupakan dua satuan panjang yang sering muncul serta digunakan dalam keseharian. Cara perhitungan beserta contoh soal bisa kamu pahami dari penjelasan berikut:

2 Cm Berapa Meter? Simak Cara Perhitungannya!

Sentimeter biasanya digunakan untuk mengukur panjang benda-benda yang kecil seperti pensil, kertas, dan juga buku. Sedangkan meter kerap digunakan untuk mengukur satuan jarak yang lebih besar bak panjang dari ruangan maupun lapangan.

Baca Juga:  8 Cara Menghitung Akar Pangkat 3 dan Contoh Soal

Cara perhitungannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan konversi dari satuan sentimeter ke meter. Dengan memahami cara menghitungnya dengan tepat, maka saat membutuhkan konversi satuan cm ke m di kemudian hari akan langsung bisa diterapkan. Simak tahapannya berikut:

Silakan untuk membagi jumlah dari satuan sentimeter dengan faktor konversi yaitu 100. Penjabarannya adalah sebagai berikut:

2/100 = 0,02 meter

Melalui rumus perhitungan di atas, kamu bisa mendapatkan hasil sebesar 0,02 meter. Jadi, 2 sentimeter setara dengan 0,02 meter. Cara konversi sentimeter ke meter sangat mudah, bukan? Kamu bisa langsung menerapkannya tanpa perlu waktu yang lama untuk memahaminya.

Contoh Soal dan Penjelasannya

Cara menghitung 2 cm sama dengan berapa meter telah dijelaskan melalui ulasan di atas. Berdasarkan penjelasan tersebut, kamu tak akan kesusahan lagi dalam memahami pertanyaan 2 cm berapa meter. Namun, agar lebih paham, simak contoh soal beserta penjelasannya berikut:

Contoh Soal

Sebuah penghapus kertas mempunyai panjang 2 cm. Jika ingin menghitung penghapus tersebut ke dalam satuan meter, berapakah panjangnya dalam satuan meter?

Baca Juga:  5 Kg Berapa Gram? Cara Hitung dan Contoh Soal Lain

Penjelasan

Kamu bisa langsung memasukkan rumus konversi satuan sentimeter ke meter melalui tahapan yang telah disediakan di atas. Agar tidak salah dalam langkah pengerjaannya, silakan simak tahapan lengkapnya di bawah ini:

2/100 = 0,02 meter.

Hasil tersebut adalah hasil konversi dari sentimeter ke meter.

Contoh soal lainnya saat terdapat suatu benda dengan panjang 40 cm, maka jika ingin dikonversikan menjadi satuan meter adalah sebagai berikut:

40/100 = 0,4 meter.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa 2 cm sama dengan 0,02 meter. Kamu bisa memahami tahapan dalam pengerjaannya secara mudah dari penjelasan di atas. Tentunya tidak akan memakan waktu yang lama dan mudah dihafal.

Mulai dari tata cara perhitungan yaitu 2 cm berapa meter sampai dengan contoh soal hingga penjelasannya telah dijelaskan secara lengkap di atas. Kamu bisa langsung mencoba cara mudahnya tersebut dan tidak akan memakan waktu yang lama. Pastikan perhitungannya sesuai dengan rumus dan contoh di atas.

error: