10 Ons Berapa Kg? Konversi Ons-Kg dan Sebaliknya


Uinsuka.ac.id – Masih bingung cara menghitung 10 ons berapa kg? Sebelum menghitungnya, perlu memahami dulu nilai besaran 1 ons apabila dikonversikan menjadi kilogram (kg). Kg dan ons termasuk satuan massa atau berat yang dipakai dalam Satuan Internasional (SI).

Konversi berat dari ons ke kilogram memang cukup sering ditanyakan, mengingat kedua satuan berat itu sangat lazim dipakai di banyak negara. Jika masih bingung bagaimana cara menghitung konversi satuan berat, simak pembahasan artikel ini!

Mengenal Satuan Ons

Agar mengetahui nilai massa kilogram menjadi ons, kalikan besaran kilogram dengan nilai 10, yang mana angka 10 adalah angka konversi. Yang artinya, dalam setiap 1 kg sama dengan 10 ons.

Sementara untuk besaran 1 ons berapa kg, jawabannya yaitu 0,1 kg. Satuan ons yang digunakan di Indonesia mempunyai kesetaraan dengan satuan metrik karena merujuk pada metric ounce, bukan merujuk pada ounce versi international avoirdupois.

Selama ini untuk memudahkan perhitungan konversi kg ke ons ataupun sebaliknya, yaitu dari ons ke kg, maka dibuat tangga konversi yang terdiri atas 7 tingkatan.

Baca Juga:  0,1 Kg Berapa Gram? Cara Menjawab dan Konversinya

Dalam 7 tingkatan ini dimulai dari satuan yang paling besar sampai satuan paling kecil. Urutan yaitu kilogram (kg), hektogram (hg), dekagram (dag), gram (g), desigram (dg), centigram (cg), dan miligram (mg).

Pada mulanya, satuan ons merupakan satuan berat yang diperkenalkan Belanda di Indonesia, yang mana ons awalnya ditulis dengan “Ounce” atau setara dengan 100 gram

Dalam Satuan Internasional (SI), terdapat satuan yang nilainya setara dengan ons, yaitu hektogram (hg). Jadi, nilai 1 ons = 1 hg.

Meskipun begitu, dalam bahasa sehari-hari, satuan ons adalah yang cukup populer dipakai untuk menyatakan berat, terlebih untuk benda-benda yang beratnya kurang dari 1 kg.

Cara Menghitung 10 Ons Berapa Kg?

1. Cara Jawab

Jika kamu mendapatkan pertanyaan 10 ons berapa kg, maka cara menjawabnya yaitu dengan membagi nilai ons yang telah dikonversi ke kg.

Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan perhitungan 10 ons menjadi kg dapat dihitung dengan persamaan:

1 kg = 10 Ons

1 Ons = 1/10 kg = 0.1 kg

Pernyataan tersebut mengartikan bahwa satu ons sama dengan satu per sepuluh kilogram. Agar mengetahui nilai berat ons dalam kg, maka harus membagi besaran ons dengan nilai 10.

Baca Juga:  50 Ons Berapa Kilogram? Cara Hitung/Konversi dan Sistem Metrik

2. Contoh Lainnya

Berikut contoh lain perhitungan konversi ons ke satuan kg:

  • 1 ons = 0,1 kg
  • 10 ons = 1 kg
  • 100 ons = 10 kg
  • 200 ons = 20 kg
  • 550 ons = 55 kg
  • 1000 ons = 100 kg

Itulah cara menghitung konversi 10 ons berapa kg. Dalam mengonversi ons ke kg, caranya yaitu membagi nilai ons dengan 10. Kebalikannya, jika mengonversi kg menjadi ons, maka nilai kg dikali dengan 10. Perhitungan ons menjadi kg dapat diberlakukan dengan angka kelipatan berapa pun.

error: