3 Jam Berapa Menit? Cara Hitung dan Rumus Konversi Waktu

Uinsuka.ac.id – Apakah kamu sedang bingung dengan konversi waktu? Dalam matematika, biasanya kamu disuruh untuk menghitung konversi waktu dari jam ke menit ataupun sebaliknya. Contohnya kamu disuruh menghitung 3 jam berapa menit, maka artikel ini akan membahasnya dengan detail.

Penting sekali untuk memahami konsep dasar satuan waktu yang akan kita ubah, yakni jam dan menit. Hal ini dikarenakan jam dan menit menjadi salah satu satuan waktu yang paling sering digunakan. Dengan memahami konsep dasarnya, maka menghitung konversi waktu akan menjadi hal yang mudah.

Rumus Konversi Waktu

Konversi waktu dari jam ke menit bisa dilakukan dengan rumus berikut:

Jumlah menit = nilai jam x 60 menit

Hal ini dikarenakan 1 jam terdiri atas 60 menit, sehingga jumlah jam harus dikali dengan 60 untuk memperoleh jumlah menit. Begitu pula sebaliknya jika mengonversi waktu dari menit ke jam, maka bisa dilakukan dengan rumus berikut:

Baca Juga:  18 OZ Berapa mL? Ini Cara Konversi dan Contohnya!

Jumlah jam = nilai menit : 60 menit

Konversi Waktu 3 Jam Berapa Menit?

Sebelum lanjut membahas mengenai konversi waktu dari 3 jam ke menit, maka lebih dulu pahami tentang perbedaan jam dan menit. Jam merupakan satuan waktu yang lebih besar dari menit. Satu jam terdiri atas 60 menit.

Untuk itu, jika kamu ingin melakukan konversi waktu dari jam ke menit, maka harus mengalikan jumlah jam dengan 60.

Contohnya jika kamu ingin mengetahui 3 jam berapa menit, maka caranya dengan mengalikan angka 3 dengan 60. Hasilnya yaitu 180 menit. Jadi, 3 jam = 180 menit.

Contoh Soal Lainnya Tentang Konversi Waktu

Masih bingung dengan konversi waktu? Coba pahami contoh soal berikut beserta pembahasannya di bawah ini!

1. 5 Jam Berapa Menit?

Sama seperti pembahasan sebelumnya, jika ingin mengonversi waktu dari jam ke menit, maka harus mengalikan jumlah jam dengan 60.

5 jam = …. Menit

Maka, cara menghitungnya yaitu 5 x 60 = 300 menit.

2. 180 Menit Berapa Jam?

Untuk contoh soal ini sedikit berbeda, karena kamu harus mengonversi waktu dari menit ke jam. Perlu diingat lagi bahwa 1 jam = 60 menit. Jika ingin mengonversi dari menit ke jam, maka harus dibagi dengan 60.

Baca Juga:  4 Cara Menghitung Volume Prisma Segitiga, Segilima, Segienam

180 menit = …. Jam

Maka, cara menghitungnya yaitu 180 : 60 = 3 jam.

3. 150 Menit Berapa Jam?

Sama seperti contoh soal sebelumnya, yaitu kamu harus mengonversi waktu dari menit ke jam. Untuk menghitungnya, maka perlu membagi jumlah menit dengan 60.

150 menit = …. Jam

Maka, cara menghitungnya, yaitu 150: 60 = 2,5 jam.

Cara menghitung 3 jam berapa menit ternyata cukup mudah, bukan? Dengan ditambah beberapa contoh soal konversi satuan waktu, tentunya kamu sudah paham konsep dasar untuk menghitungnya.

Dengan terus berlatih dan memahami konsep dasarnya, maka berbagai bentuk pertanyaan tentang konversi waktu bisa kamu selesaikan dengan mudah dan cepat.