1,75 Meter Berapa Cm? Cara Hitung dan Tangga Satuannya


Uinsuka.ac.id – 1,75 meter berapa cm? Meter dan cm termasuk satuan ukuran panjang yang pastinya sudah sering kamu dengar dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, di rumah, tempat kerja, dan di berbagai tempat lainnya. Centimeter juga paling familiar menjadi satuan panjang dalam hal pengukuran tinggi badan.

Misalnya tinggi badan kamu adalah 165 cm, yang kalau diubah menjadi meter maka menjadi 1,65. Jadi, 1,75 meter sama dengan 175 cm. Kok bisa? Bagaimana rumusnya? Kalau penasaran dengan cara hitungnya, kamu bisa cek penjelasannya di bawah ini.

Tangga Satuan Panjang

Kalau dalam ilmu matematika, ada yang namanya tangga satuan panjang (disebut juga tangga satuan jarak). Tangga yang terdiri dari 7 buah anak tangga inilah yang nantinya bisa jadi patokan untuk menjawab per 1 meter berapa cm dan sejenisnya.

Baca Juga:  3,2 Jam Berapa Menit? Konsep Dasar dan Cara Hitung Waktu

Pada tangga tersebut, satuan panjang paling atas punya nilai terbesar, yang berarti semakin ke bawah akan semakin kecil. Kalau dibuat daftar, maka seperti inilah urutannya:

  • km (kilometer)
  • hm (hektometer)
  • dam (dekameter)
  • m (meter)
  • dm (desimeter)
  • cm (centimeter)
  • mm (milimeter)

Rumus paten dari tangga ini adalah kali dengan 10 kalau turun satu tangga, dan bagi 10 tiap naik satu tangga. 10 ini berlaku kelipatannya ya, jadi kalau kamu naik 2 tangga maka bukan 10 melainkan 100.

Cara Hitung 1,75 Meter Berapa Cm

Berdasarkan tangga satuan panjang di atas dan rumusnya, sekarang ada langkah untuk hitung meter ke cm, yaitu:

1. Centimeter = 1 Meter/100

Maksud pernyataan di atas adalah 1 m = 100 cm. Jadi kalau 1,75 meter diubah ke cm, maka tinggal kali dengan angka 100. Matematisnya seperti ini: 1,75 x 100 = 175 cm. Kalau pertanyaannya diubah, 17 meter berapa cm? Maka jawabannya 17 x 100 = 1.700 cm.

2. Tambahkan Angka Nol

Kalau diperhatikan, sebenarnya rumus tangga satuan panjang di atas bisa kamu buat menjadi lebih sederhana lagi, yaitu dengan menambahkan nol setiap turun tangga dan kurangi nol setiap naik. Sekarang coba perhatikan kembali urutan meter dan cm pada tangga tadi.

Baca Juga:  1,4 Kg Berapa Gram? Cara Menghitung dan Contoh Soal

Diketahui bahwa meter berada di atas cm dan hanya terpisah 1 anak tangga, yang berarti cukup menambahkan satu saja nol. Maka, 1,75 meter berapa cm = 175 cm. Kenapa komanya hilang? Karena kamu sudah menambahkan nol.

Bagaimana dengan 175 cm Berapa Inch?

Nah, sekarang bagaimana kalau satuan cm diubah ke inch? Padahal pada tangga satuan jarak di atas tidak ditemukan inch. Rumus patennya adalah 1 inch = 2,54 cm, sedangkan 1 cm = 0,39370787 inch. Berdasarkan patokan ini, kamu bisa temukan jawaban bahwa 175 cm = 68,8976 inch.

Jadi, 1,75 meter berapa cm? Jawabannya adalah 175 cm dan kini kamu sudah tahu alasannya. Tangga satuan panjang di atas beserta rumusnya sudah diterapkan dalam SI (Standar Internasional), jadi dijamin sama di seluruh dunia.

error: