1,8 Km Berapa Meter? Cara Hitung dan Contoh Soal

Uinsuka.ac.id – 1,8 km berapa meter? Bagaimana jika kamu mendapat pertanyaan seperti ini secara tiba-tiba? Agar bisa menjawab dengan tepat, kamu perlu tahu dulu nih rumusnya. Pertanyaan seperti ini pastinya sudah sangat umum di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, sangat penting untuk kamu tahu bahkan kalau bisa menguasai cara konversi (mengubah) satuan jarak, seperti dari km ke meter atau sebaliknya. Tapi tahukah kamu bahwa satuan jarak bukan hanya km dan meter. Cari tahu satuan jarak lainnya di bawah ini, dan gimana cara konversinya.

Tentang Satuan Meter dan Kilometer

Kilometer (km) dan meter (m) banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengukur jarak dari satu titik ke titik lain, seperti dari rumah ke sekolah, kedalaman laut, dan bahkan juga ketinggian.

Keduanya merupakan satuan pengukuran metrik yang sudah masuk dalam SI (Sistem Standar Internasional), yang berarti berlaku di seluruh dunia.

Baca Juga:  5 Cara Menghitung Luas Trapesium dan Contoh Soal

Kilometer berasal dari kata “khilio” yang merupakan bahasa Yunani. Maknanya adalah seribu dan metron, yang pada akhirnya bisa menjawab 1 km berapa meter? Jawabannya adalah 1 km = 1.000 meter.

Alasan 1 km = 1.000 Meter?

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah dengan patokan tangga satuan jarak. Tangga ini punya rumus paten yang berlaku secara internasional. Rumusnya adalah kalikan dengan 10 setiap turun 1 tangga, dan bagi dengan 10 kalau naik 1 tangga (berlaku kelipatannya).

Nantinya, rumus inilah yang bisa menjawab 1,8 km berapa meter. Adapun jumlah anak tangga ada 7 buah, dan masing-masing tingkatan punya nilai berbeda. Satuan jarak yang menempati tangga teratas punya nilai terbesar, dan yang paling bawah punya nilai terkecil. Inilah urutannya dimulai dari paling atas:

  • km (kilometer)
  • hm (hektometer)
  • dam (dekameter)
  • m (meter)
  • dm (desimeter)
  • cm (centimeter)
  • mm (milimeter)

Lalu, bagaimana kalau naik atau turun lebih dari 1 tingkat? Gampang, tinggal tambah saja nol. Contohnya, turun 1 tingkat dikali 10, maka turun 2 tingkat dikali 100. Berdasarkan aturan ini, kamu jadi bisa tahu kenapa 1 km = 1.000 meter. Ya, karena meter berada 3 tingkat di bawah meter, sehingga dikali 1.000.

Baca Juga:  6 Cara Menghitung Diagram Lingkaran Persen, 4 Contoh Soal

Cara Perhitungan 1,8 Km Berapa Meter

Cara hitung dan rumusnya sama persis dengan penjelasan di atas tadi. Karena dalam kasus ini kilometer berada 3 tingkat di atas meter, maka rumusnya adalah kali 1.000. Kalau secara sistematis, penulisannya adalah sebagai berikut:

1,8 km = …. meter

1,8 km =  1,8 x 1.000

1,8 km = 1800 meter

Contoh Soal Lain

1. Soal 1

Rumus tadi juga bisa dipakai untuk konversi satuan lain. Contoh 1,8 km berapa cm? Kamu bisa hitung seperti ini:

1,8 km = …. cm

1,8 km =  1,8 x 100.000

1,8 km = 180.000 cm

2. Soal 2

Kalau 1,8 km berapa dam? Jawabannya adalah 180. Nilai ini didapat dari 1,8 x 100.

Sudah tidak penasaran lagi kan 1,8 km berapa meter? Ya, jawabannya adalah 1800 meter. Rumusnya adalah mengalikan jumlah kilometer dengan 1.000. Jika sudah mengerti konsepnya, untuk angka yang berbeda juga cara menjawabnya tetap sama.