50 Mm Berapa Cm? Cara Jawab dan Hitung dengan Mudah

Uinsuka.ac.id – Satuan mm dan cm biasanya digunakan dalam mengukur benda-benda yang relatif lebih kecil, seperti penggaris, stik, dan sejenisnya. Pertanyaan 50 mm berapa cm adalah salah satu contoh ketika perlu mengkonversi satuan panjang dengan angka yang kecil.

Kira-kira bagaimana ya, cara menyelesaikan soal konversi satuan dari mm ke cm? Operasi bilangan apa saja yang harus digunakan agar jawabannya tepat?

Artikel ini akan membantumu memahami lebih dalam tentang cara mengonversi satuan panjang. Bukan hanya mengubah dari mm ke cm, kamu pun bisa mengubah satuan cm ke mm. Yuk, simak terus artikel ini dan tambahkan pengetahuan dasar sains ke dalam memorimu!

Jawaban 50 Mm Berapa Cm

Kamu bisa mengubah satuan mm ke cm dengan mudah asalkan tahu nilai kesetaraan antara kedua satuan ini. Sudah tahukah bahwa 1 cm setara dengan 0,1 mm?

Baca Juga:  10 Cm Berapa Meter? Ini Cara Hitung dan Konversi Satuannya

Ingat bahwa satuan cm lebih besar dibandingkan dengan satuan meter. Jadi kalau mau mengkonversi mm ke cm, maka harus menggunakan operasi bilangan pembagian. Berbeda halnya kalau mengkonversi cm ke mm, maka perlu menggunakan operasi bilangan perkalian.

Nah, sekarang waktunya untuk mencari tahu jawaban dari berapa nilai 50 mm yang setara dengan cm. Begini cara menjawabnya:

50 mm  = 50 x 0,1 cm

= 5 cm.

Gampang banget, kan? Kalau masih bingung mengerjakan soal pecahan desimal, kamu juga bisa mengubah angka-angka yang ada menjadi notasi ilmiah, seperti ini:

50 mm  = 5×101 x 1×10-1 cm.

= 5 cm.

Saat mengalikan bilangan berpangkat, maka perlu menjumlahkan pangkatnya. Nah, hasilnya 1 + (-1)  adalah 1 – 1 atau 0. Bilangan apa pun yang dipangkatkan dengan nol, hasilnya adalah 1. Sekarang, sudah tidak akan bingung lagi saat menyelesaikan soal pecahan desimal dan notasi ilmiah.

Contoh Soal Lain

Bukan hanya soal 50 mm berapa cm, kamu perlu mengerjakan lebih banyak variasi soal agar paham tentang konversi satuan panjang. Soal-soal berikut akan membantumu belajar dengan cepat:

Baca Juga:  70 Cm Berapa Meter? Ini Cara Hitung Termudah dan Cepat

1. 20 Mm Berapa Cm

Begini cara menjawabnya:

20 mm  = 20 x 0,1 cm

= 2 cm.

Kamu juga bisa mengerjakannya dengan cara ini:

20 mm  = 20 : 10 cm

= 2 cm.

2. 2 Mm Berapa Cm

Begini cara menjawabnya:

2 mm = 2 x 0,1 cm

= 0,2 cm.

Kamu juga bisa mengerjakannya dengan cara ini:

2 mm    = 2 : 10 cm

= 0.2 cm.

3. 5 Cm Berapa Mm

Begini cara menjawabnya:

5 cm = 5 : 0,1 mm

= 50 mm.

Kamu juga bisa mengerjakannya dengan cara ini:

5 cm = 5 x 10 mm

= 50 mm.

Ingat bahwa dalam tangga konversi satuan panjang, cm dan mm terpisah 1 anak tangga. Jadi, kamu bisa mengalikan atau membagi angka yang ada pada masing-masing satuan ini dengan angka 10 atau 0,1.

Ternyata jika mengerti konsep, pertanyaan 50 mm berapa cm bisa dijawab dengan mudah. Bahkan, ketika angkanya diganti juga akan mudah dijawab asalkan mengerti konsep cara pengerjaannya.