4 Pangkat 2 Berapa? Cara Hitung dan Konsep Dasar


Uinsuka.ac.id – Salah satu materi Matematika penting yang harus dikuasai pelajar adalah perpangkatan. Materi perpangkatan akan digunakan dalam pelajaran lainnya. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini kita akan menghitung 4 pangkat 2 berapa termasuk materi perpangkatan lainnya.

Selain pangkat 2 atau pangkat kuadrat, masih ada pangkat lainnya yang biasa digunakan seperti pangkat 3, pangkat 4, pangkat pecahan dan pangkat negatif. Bahkan, bilangan berpangkat bisa saja tidak terhingga. Kamu bisa menghitung berapakah hasil 4 pangkat 2 jika sudah memahami konsep dasar perpangkatan.

Konsep Dasar Bilangan Berpangkat

Bilangan berpangkat merupakan penyederhanaan penulisan perkalian bilangan yang dikalikan dengan faktor perkalian sama. Bilangan berpangkat terdiri dari bilangan pokok dengan pangkatnya. Sebagai contoh bilangan berpangkat = a x a x a x a x … sebanyak n kali.

Bilangan merupakan bilangan berpangkat dengan a sebagai bilangan pokok sementara n sebagai besar pangkatnya. Dalam bilangan berpangkat, bilangan pokok akan dikalikan oleh bilangan pokok itu sendiri sebanyak pangkatnya. Misalnya pada bilangan maka bilangan pokok a dikali oleh a sebanyak n kali.

Baca Juga:  25 Menit Berapa Detik? Cara Menghitung dan Konversi Satuan

Jenis-Jenis Bilangan Berpangkat

Bilangan pangkat sendiri dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan sifatnya, yaitu bilangan pangkat bulat positif, pangkat nol, pangkat bulat negatif, pangkat pecahan dan pangkat bentuk akar. Cara menghitung bilangan berpangkat juga ditentukan oleh jenis pangkatnya. Berikut penjelasan masing-masing bilangan:

1. Bilangan Pangkat Bulat Positif

Bilangan pangkat bulat positif memiliki bilangan pangkat lebih dari 0. Cara menghitungnya cukup mengalikan bilangan pokok sebanyak bilangan pangkatnya. Di bawah ini contoh bilangan pangkat bulat positif:

= 5 x 5 (sebanyak 2 kali) = 25

= 4 x 4 = 16

= 2 x 2 x 2 x 2 x 2 = 32

= 5 x 5 x 5 (sebanyak 3 kali) = 125

= 6 x 6 x 6 = 216

2. Bilangan Pangkat Bulat Negatif

Setelah mengetahui hasil 4 pangkat 2 berapa selanjutnya kamu harus belajar pangkat bulat negatif. Jenis pangkat ini memiliki bilangan negatif sebagai pangkatnya. Rumus bilangan bulat negatif sebagai berikut:

Bilangan Pangkat Bulat Negatif

3. Bilangan Pangkat Nol

Bilangan pangkat selanjutnya adalah pangkat nol. Setiap bilangan pokok dengan pangkat nol nilainya adalah 1.

Bilangan Pangkat Nol

Jawaban 4 Pangkat 2 Berapa?

Setelah kamu paham bentuk bilangan pangkat bulat positif maka kamu sudah bisa menjawab berapa 4 pangkat 2, bukan? Nilai 4 pangkat 2 adalah 16 sesuai dengan perkalian 4 x 4. Intinya adalah untuk menghitung pangkat positif cukup mengalikan bilangan pokok tersebut sebanyak pangkatnya.

Baca Juga:  7 Meter Berapa cm? Jawaban dan Pembahasannya Lengkap

Contoh bilangan pangkat di atas adalah beberapa bilangan pangkat yang paling sering muncul dalam perhitungan Matematika, Fisika, Kimia dan sebagainya. Untuk menjawab 4 pangkat 2 berapa maka kamu harus mengetahui konsep dasar pangkat terlebih dahulu.

error: