1 Per 6 Jam Menit, Ini Arti, Cara Baca, dan Contoh Soalnya

Uinsuka.ac.id – Selain panjang dan berat, penyelesaian konversi waktu juga jadi salah satu momok dalam matematika. Berbeda dengan panjang dan berat yang konversi hanya dikali atau dibagi kelipatan 10, pada konversi waktu dikali atau dibagi kelipatan 60. Oleh sebab itu, hasil 1 per 6 jam menit kerap bikin pusing.

Namun, jangan khawatir karena konversi waktu itu cukup mudah dilakukan. Hanya saja, penggunaan pecahan kerap kali membingungkan. Padahal 1 per 6 jam jika diterjemahkan dalam kalimat matematika berarti 1/6 jam. Dan untuk mengkonversinya ke menit, kamu hanya harus mengalikan dengan 60.

Selain bentuknya yang pecahan, kebingungan konversi waktu juga disebabkan karena bentuk soal yang bercerita. Oleh sebab itu, kamu wajib memahami konsep dasar konversi waktu agar bisa menyelesaikan berbagai model soal dengan mudah.

Mengenal Konsep Dasar Konversi Waktu

Sebelum menjawab soal tersebut, ada baiknya kamu memahami perihal konsepnya terlebih dahulu. Dalam satuan waktu dunia, kamu akan menemukan 3 satuan dasar yakni jam, menit dan detik. Ketiga satuan ini sama-sama sering digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga:  10 Cara Menghitung Lebar Persegi Panjang dan Contoh

Sama dengan satuan panjang dan berat, konversi waktu juga memiliki tangga. Untuk lebih jelas mengenai satuan waktu, simak tangga di bawah ini:

Jam

Menit

Detik

Berbeda dengan satuan panjang, tangga dalam satuan waktu menggunakan acuan 60 untuk setiap kenaikan dan penurunannya. Kenaikan satu tangga berarti x 60, sementara kenaikan 2 tangga berarti x 3.600 (2 x 60). Ini artinya, 1 jam dapat berarti 60 menit dan 3.600 detik.

Jadi, Berapa 1 Per 6 Jam Menit?

Jika kamu menemukan soal dengan pertanyaan seperti ini, maka jangan buru-buru bingung. Pertama-tama, perhatikan satuannya terlebih dahulu. Seperti diketahui konversi jam ke menit berarti perkalian dengan 60. Sederhananya, berikut ini adalah contoh soalnya.

Contoh soal:

Zadi adalah seorang siswa absen terakhir di kelas 9 SMP yang tengah menjalankan ujian praktik lisan bergilir. Menurut guru yang bertugas, ujian praktik hanya membutuhkan waktu selama 1/6 jam untuk setiap siswa. Lantas, berapa menit Zadi menunggu giliran jika jumlah total siswa adalah 15 orang?

Jawaban:

Untuk mengetahui jawabannya, hitung terlebih dahulu berapa menit 1/6 jam tersebut:

Baca Juga:  4 Meter Berapa Cm? Cara Menghitung dan Contoh Soal

1/6 jam = …. Menit

= 1/6 jam x 60 menit

= 60/6 menit

= 10 menit

Diketahui jumlah total siswa adalah 15 siswa, jadi jumlah teman-teman Zadi adalah 14 siswa. Oleh sebab itu, total waktu tunggu Zadi yang berada di absen terakhir saat ujian praktik adalah 10 menit X 14 siswa = 140 menit.

Dari penyelesaian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai dari 1 per 6 jam menit adalah 10 menit. Penting diingat untuk selalu teliti dalam mengerjakan soal pecahan. Pasalnya, salah posisi pecahan bisa-bisa membuat hasilmu salah. Jadi, pastikan untuk teliti, ya!