0,5 Meter Berapa Cm? Cara Hitung Konversi Desimal-Pecahan


Uinsuka.ac.id – Meter (m) dan centimeter (cm) adalah satuan panjang yang banyak digunakan di Indonesia. Oleh sebab itu, tidak heran jika konversi dari m ke cm ini kini digunakan oleh banyak orang. Namun, beberapa orang kadang bingung jika dihadapkan angka yang tidak bulat misalnya: 0,5 meter berapa cm.

Umumnya, konversi desimal membuat banyak orang bingung karena harus berhubungan dengan koma. Alhasil, kalkulator pun dibutuhkan dengan dalih agar hasil konversi jadi lebih akurat. Apakah apakah kamu adalah salah satu orang yang suka bingung dengan konversi desimal ini?

Jika ya, maka jangan khawatir! Sebenarnya, perhitungan konversi desimal itu sangat mudah dilakukan jika kamu mengubah bentuk desimal menjadi pecahan terlebih dahulu. Dengan mengubah menjadi pecahan, kamu sudah tidak perlu kalkulator lagi dalam proses konversinya.

Bagaimana Cara Konversi Desimal Menjadi Pecahan?

Agar 0,5 meter berapa cm lebih mudah diselesaikan, maka kamu harus terlebih dahulu melakukan konversi dari desimal ke pecahan. Jika ingin bisa sukses mengkonversi desimal menjadi pecahan, pahamilah konsep dasar terlebih dahulu.

Baca Juga:  2 Cara Menghitung Keliling Lingkaran dan Contoh Soal

Adapun konsepnya adalah:

Satu angka di belakang koma = per 10

Dua angka di belakang koma = per seratus begitu seterusnya.

Ini artinya desimal 0,5 jika dikonversi pecahan menjadi 5/10. Jika angka pecahan sudah ditemukan, maka proses menghitung akan jadi lebih mudah.

Cara Cepat Hitung 0,5 Meter Berapa Cm

Berdasarkan tangga satuan panjang, diketahui bahwa meter ke centimeter mengalami penurunan sebanyak dua tingkat. Ini artinya, untuk mengkonversi meter ke centimeter, kamu hanya harus mengalikannya dengan 100. Artinya, 0,5 meter harus terlebih dahulu dikalikan dengan 100.

Agar tidak pusing, kamu bisa menggunakan pecahan untuk penyelesaiannya, dengan pecahan maka hasil dari pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan mudah. Berikut ini adalah contoh soalnya:

Aminah ingin membeli pita biru dengan ukuran 0,5 m di Toko Biru. Namun, pemilik toko sedang keluar dan mempercayakan toko pada anaknya yang masih SD. Karena satuan di penggaris itu cm, jadi berapa cm yang harus Aminah ucapkan pada sang anak jika ia membutuhkan pita biru ukuran 0,5 meter?

Baca Juga:  3 Kg Berapa Gram? Ini Cara Menghitung dan Konversinya

Jawaban:

Pertama, lakukan konversi pecahan terlebih dahulu: 0,5 meter dikonversi ke pecahan jadi 5/10

Lantas, 5/10 meter = …. cm?

= 5/10 x 100

= 500/10

= 50 centimeter

Berdasarkan perhitungan di atas, Aminah bisa langsung bilang bahwa pita biru yang dibutuhkan adalah 50 centimeter. Ini artinya, jawaban dari konversi 0,5 meter adalah 50 centimeter. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan pecahan lebih mudah karena hanya akan melibatkan perkalian dan pembagian 10.

Dari cara cepat di atas, bisa dipastikan bahwa penghitungan tentang 0,5 meter berapa cm jadi lebih mudah berkat konversi terlebih dulu menjadi pecahan. Jadi, tidak usah bingung jika menemukan model soal yang berbeda, kamu cukup aplikasikan cara cepat yang sudah disebutkan di atas!

Baca Juga:

error: