Mg Ke Gram Naik Berapa Tingkat? Cara Konversi Massa


Uinsuka.ac.id – Sudah menjadi ketetapan bahwa gram (g) adalah satuan berat yang banyak digunakan di Indonesia. Selain gram, kilogram (kg) dan milligram (mg) juga berada di tangga yang sama. Tidak heran jika ketiganya kerap dikonversikan satu sama lain. Contohnya, konversi mg ke gram yang banyak dicari.

Setidaknya ada 7 satuan yang berada di tangga satuan berat di Indonesia. Adapun satuan tersebut antara lain Kilogram, Hektogram (hg), Dekagram (dag), Gram, Desigram (dg), Centigram (cg) dan Milligram (mg).

Dari ketujuh satuan tersebut hanya ada 3 satuan yang sering digunakan yakni kg sebagai satuan tertinggi dan g sebagai satuan umum. Sementara itu, satuan terkecil yang digunakan di Indonesia adalah mg. Biasanya, satuan ini digunakan untuk takaran khusus zat-zat kimia.

Tangga Satuan Berat dalam Matematika

Agar lebih mudah saat melakukan konversi berat, setidaknya kamu wajib menghafalkan letak tangga satuan tersebut. Jika sudah hafal, maka kamu akan dengan mudah melakukan konversi. Hasilnya, jika ada yang bertanya mg menjadi gram naik berapa tangga, kamu tidak perlu pusing lagi.

Baca Juga:  KPK dari 20 dan 28 Adalah Berapa? Ini Cara Hitungnya

Adapun tangga satuan berat yang wajib kamu ketahui adalah:

Kilogram (kg)

Hektogram (hg)

Dekagram (dag)

Gram (g)

Desigram (dg)

Centigram (cg)

Milligram (mg) 

Dari tangga satuan berat di atas, bisa dilihat bahwa mg menempati posisi dasar. Artinya, mg bertindak sebagai satuan berat terkecil. Biasanya, pengukuran benda kecil yang membutuhkan satuan ini. Sementara itu, gram berada di posisi tengah dan kilogram pada bagian teratas.

Adapun aturan penggunaan tangga tersebut adalah apabila turun satu tangga, maka nilai dikali dengan 10. Sebaliknya, jika konversinya naik satu tangga, maka dibagi dengan 10. Jadi, apabila turun 2 kali maka dikalikan 10 sebanyak 2 kali atau 10 x 10 = 100. Hal yang sama berlaku untuk pembagian.

Jadi, Bagaimana Konversi Mg Ke Gram?

Sebagai contoh kasus, coba selesaikanlah masalah berikut ini:

Erni dianjurkan untuk menambahkan gula ke dalam air sebanyak 5 mg oleh dosennya ke dalam tabung reaksi. Jika dikonversi menjadi gram, berapakah 5 mg itu? 

Jawaban

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, diketahui dalam tangga satuan berat bahwa mg ke gram itu naik 3 tingkat. Ini artinya, konversinya dibagi 10 sebanyak 3 kali atau dalam kalimat matematika `10 x 10 x 10 = 1000.

Baca Juga:  5 Hg Berapa Gram? Cara Menghitung dan Contoh Soal Cerita

Untuk lebih jelasnya, simak penyelesaiannya berikut ini:

5 mg = …. Gram?

= 5 : (10 x 10 x 10)

= 5 : 1000

= 0,005 gram.

Berdasarkan hasil penghitungan di atas, bisa dipastikan bahwa mg ke gram ini naik 3 tangga satuan berat. Artinya, konversi bisa diselesaikan dengan membagi angka awal dengan 1.000. Dari hasil perhitungan itu, didapatkan bahwa mg itu setara dengan 0,005 gram! Bagaimana, mudah bukan?

Baca Juga:

error: