1 Meter Berapa Cm? Cara Hitung, Rumus, Contoh Soal


Uinsuka.ac.id – Mari membahas lebih lanjut mengenai pertanyaan 1 meter berapa cm, dan memahami konsep dasar konversi satuan panjang untuk memudahkan pengukuran dalam kehidupan sehari-hari dengan lebih presisi.

Konsep konversi meter ke cm seringkali diterapkan dalam pembuatan skala untuk proyek pembangunan gedung, pola pakaian oleh penjahit, pengukuran tinggi badan, dan masih banyak contoh lainnya.

Memahami Satuan Meter dan Sentimeter

Sebelum mempelajari konsep dasar konversi meter ke sentimeter lebih mendalam, kamu perlu mengetahui definisi dan perbedaan antara kedua satuan tersebut.

1. Satuan Meter

Meter adalah satuan pokok yang menyatakan besaran panjang dalam sistem satuan internasional (SI). Satuan meter dilambangkan dengan huruf “m”.

Awalnya, meter didefinisikan dengan satu per satu juta, yaitu jarak dari kutub ke khatulistiwa melalui Paris. Tahun 1983, definisi meter diubah menjadi panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu cahaya dalam ruang hampa selama 1/299.792.458 detik.

Baca Juga:  5 Persen dari 100 Ribu Adalah? Ini Rumus Hitung dan Contohnya

2. Satuan Sentimeter

Sentimeter merupakan turunan dari meter yang masuk dalam sistem satuan internasional. Besaran panjang tersebut dilambangkan dengan “cm”.

Sentimeter termasuk dalam sistem centimeter gram second (sgm). Sistem ini, tidak hanya digunakan untuk mengukur panjang, tetapi juga untuk menyatakan satuan waktu dalam detik dan massa dalam gram.

1 Meter Berapa Cm? Ini Rumus Konversinya

Rumus konversi meter ke sentimeter:

1 meter = 100 cm

Meter dan sentimeter terletak dalam satu tangga satuan panjang. Posisi meter dua tingkat di atas sentimeter.

Cara Menghitung Meter ke Sentimeter

Berdasarkan rumus konversi tersebut, cara mengukur meter ke sentimeter, yaitu:

n meter = n * 100 cm

Keterangan:

n = panjang suatu objek yang dinyatakan dalam meter

Contoh Penerapan Konversi Meter ke Sentimeter

Berikut contoh soal dan jawaban penerapan konversi dalam kehidupan sehari-hari.

Soal 1

Sebuah meja di ruang makan memiliki panjang 2,4 meter, lebar 0,8 meter, dan tinggi 0,76 meter. Jika diubah dalam satuan centimeter, berapa ukuran meja makan tersebut?

Jawaban:

  • Panjang: 2,4 meter = 2,4 * 100 cm = 240 cm
  • Lebar: 0,8 meter = 0,8 * 100 = 80 cm
  • Tinggi: 0,76 meter = 0,76 * 100 cm = 76 cm
Baca Juga:  4 Cara Menghitung Volume Kerucut, Luas, 5 Contoh Soal

Soal 2

Sekelompok mahasiswa jurusan arsitek membuat sketsa gedung berbentuk limas segi empat. Panjang sisi gedung sebenarnya adalah 230 meter, dan tinggi sebenarnya adalah 147 meter. Untuk membuat sketsa dengan benar, berapa ukuran gedung jika dijadikan centimeter?

Jawaban:

  • Sisi gedung pada gambar: 230 meter * 100 cm = 23.000 cm
  • Tinggi gedung pada gambar: 147 meter = 147 * 100 = 14.700 cm.

Jawaban dari pertanyaan 1 meter berapa cm dijabarkan dalam artikel ini. Jika memahami konsep dasar konversi satuan panjang, kamu dapat menghitung perubahan nilai satuan panjang dengan mudah.

Baca Juga:

error: