10 Mm Berapa Cm? Cara Hitung dan Contoh Soal Cerita

Salah satu satuan ukuran panjang yang sering dikonversi adalah milimeter (mm) ke centimeter (cm) begitupun sebaliknya. Namun meskipun sering digunakan, masih banyak orang yang kerap bingung saat ditanya 10 mm berapa cm. Padahal, penyelesaiannya sebenarnya sangat mudah.

Prinsip Tangga Satuan Panjang

Penyelesaian mm ke cm akan mudah dilakukan jika kamu menerapkan prinsip pada tangga satuan panjang. Seperti diketahui dalam tangga satuan panjang, mm dan cm tidak sendirian. Ada satuan lain yaitu km (kilometer), hm (hektometer), dam (dekameter), m (meter) dan dm (Desimeter).

Dalam tangga satuan panjang tersebut, diketahui mm dan cm berada di dua urutan terakhir. Ini artinya, cm dan mm adalah merupakan satuan terkecil yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya, satuan cm dan mm ini banyak kamu temukan pada penggaris dan meteran.

Jadi 10 Mm Berapa Cm?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cm dan mm merupakan satuan terkecil yang ada dalam tangga satuan panjang. Oleh sebab itu, bisa dipastikan bahwa konversinya akan naik atau turun sebanyak satu tingkat saja. Sehingga konversinya hanya akan berhubungan dengan angka 10.

Baca Juga:  Konversi 60 mL Berapa Gram? Cara Menghitung dan Contoh Soal

Apabila yang ditanyakan adalah konversi cm ke mm, maka yang terjadi adalah penurunan satu tangga sehingga kamu hanya harus mengalikannya dengan 10. Sebaliknya jika yang ditanyakan adalah konversi mm ke cm, maka kamu harus membaginya dengan 10. Sampai sini, mudah bukan?

Untuk lebih jelasnya, persamaan konversi mm ke cm adalah sebagai berikut:

jarak dalam mm = (jarak dalam cm) x (1 x 10mm)

Sementara itu, persamaan konversi cm ke mm adalah sebagai berikut:

jarak dalam cm = (jarak dalam mm) : (1 x 10cm)

Contoh Soal

Agar lebih bisa memahami tentang konsep dasar konversi untuk menjawab pertanyaan 10 mm berapa cm, langsung saja simak contoh soal yang ada di bawah ini!

Adi ingin membuat garis lurus sepanjang 10 mm. Namun, penggaris yang digunakannya hanya memiliki satuan cm. Lantas, berapa cm garis yang harus dibuat oleh Adi jika 10 mm dikonversi menjadi ukuran cm?

Pembahasan:

Dari pertanyaan di atas, bisa dipastikan bahwa persamaan yang digunakan adalah persamaan konversi mm ke cm. Oleh sebab itu, pembahasan dari soal berikut adalah:

Baca Juga:  6 Meter Berapa Cm? Rumus dan Cara Menghitung Satuan Panjang

jarak dalam cm = (jarak dalam mm) : (1 x 10cm)

jarak dalam cm = 10 : 10

jarak dalam cm = 1 cm 

Dari persamaan di atas, didapatkan hasil bahwa 10 mm itu setara dengan 1 cm. Jadi, Adi hanya harus membuat garis lurus sepanjang 1 centimeter di buku tugasnya.

Selain penggunaan persamaan di atas, penyelesaian konversi mm ke cm juga bisa diselesaikan menggunakan prinsip angka nol. Adapun aturan penggunaannya adalah angka akan ditambah nol satu jika tangganya turun 1 kali. Sementara jika tangganya naik, maka nol dikurangi 1 kali.

Jadi dalam perhitungan 10 mm berapa cm, kamu hanya harus mengurangi nol satu. Dan hasilnya: 10 mm setara dengan 1 cm. Selamat mencoba!