50 Meter Berapa Cm? Cara Menghitung & Contohnya

Uinsuka.ac.id – 50 meter berapa cm? Konversi ini banyak ditemukan dalam dunia ilmiah ataupun kehidupan sehari-hari. Jika dipahami, kamu bisa lebih mudah dalam perhitungan panjang atau satuan ukur lainnya yang berbeda.

Namun bagi yang masih awam dan kesulitan untuk mengetahui hasilnya maka tak perlu bingung. Kali ini akan dijelaskan informasi terkait meter dan sentimeter yang sudah dilengkapi cara konversinya.

Rumus Perhitungan Satuan Meter dalam Cm

Meter (m) menjadi satuan ukuran panjang yang terdapat dalam sistem Satuan Internasional. Satuan ini mempunyai nilai yang sebanding dengan 39,37 inci dan banyak digunakan di Indonesia.

Seperti halnya meter, sentimeter juga termasuk satuan panjang untuk menentukan panjang sebuah benda. Hanya saja ukuran yang dimiliki satuan sentimeter lebih kecil jika dibandingkan meter.

Bisa dipastikan bahwa keduanya berada dalam sebuah tangga satuan panjang yang sama. Meter ke sentimeter mempunyai jarak dua tingkat sehingga dalam konversinya dikalikan angka 100. Rumus perhitungan satuan meter ke sentimeter dapat dituliskan seperti berikut:

Baca Juga:  KPK dari 20 dan 28 Adalah Berapa? Ini Cara Hitungnya

Rumus konversi = Meter x 100 = 100 cm

50 Meter Berapa Cm?

Setelah mengenal rumus konversi, perhitungan satuan panjang bisa dilakukan secara lebih mudah. Jika ingin mengubah satuan meter dalam cm, tinggal kalikan saja dengan bilangan 100. Seperti misalnya jika kamu mendapat tugas untuk menjawab soal 50 meter berapa cm.

Kamu bisa kalikan angka 50 meter dengan bilangan 100 untuk mencari ukuran panjang dalam cm. Jadi, bentuk perhitungannya yaitu 50 meter x 100 sentimeter = 5000 cm.

Perhitungan tersebut juga bisa digunakan dalam bilangan desimal. Misalnya, 4,5 meter yang ingin dikonversi dalam ukuran sentimeter. Langkah yang perlu dilakukan yaitu mengalikan bilangan 4,5 meter dengan 100 sehingga hasilnya 100 cm.

Contoh Soal Konversi Meter ke Cm

Kamu akan lebih mudah memahami konversi meter ke cm dengan mempelajari contoh soalnya. Inilah contoh soal konversinya lengkap beserta pembahasannya secara detail:

1. Contoh Soal 1

Sebuah jembatan yang menghubungkan desa Sobo dan Toyoresmi dibangun sejauh 10 meter. Berapa panjang jembatan penghubung tersebut dalam satuan sentimeter?

Baca Juga:  400 cm Berapa Meter? Cara Menghitung dan Jawabannya

Jawabannya:

10 meter x 100 = 1000 sentimeter atau cm

2. Contoh Soal 2

Angga membeli sebuah tali dengan ukuran panjang mencapai 5 meter. Berapa panjang tali jika diubah dalam satuan cm?

Jawabannya:

5 meter x 100 = 500 cm

3. Contoh Soal 3

Amila menghabiskan waktu untuk berenang dalam sebuah kolam dengan kedalaman 9 meter. Bila diubah dalam cm, berapakah kedalaman kolam renang tersebut?

Jawaban:

9 meter x 100 = 900 cm

4. Contoh Soal 4

Balok kayu yang terletak di halaman depan rumah memiliki panjang mencapai 6 meter. Jika diubah dalam sentimeter, berapa cm panjang balok kayu tersebut:

Jawaban:

6 meter x 100 = 600 cm

Konversi satuan dari 50 meter berapa cm bisa dilakukan menggunakan rumus konversi. Selain itu, kamu juga perlu menghafalkan tangga satuan ukuran panjang dengan baik. Hal ini akan memudahkan dalam menghitung jarak atau panjang dengan ukuran yang berbeda.