30 Mm Berapa Cm? Rumus Konversi Satuan Panjang

Uinsuka.ac.id – Satuan pengukuran biasa digunakan dalam mengukur luas, panjang, dan dimensi lainnya. Konversi yang kerap dijumpai adalah satuan milimeter (mm) dalam bentuk sentimeter (cm). Jadi, 30 mm berapa cm?

Milimeter sendiri menjadi satuan panjang yang paling rendah dalam sebuah sistem metrik. 1 milimeter (mm) memiliki nilai yang setara dengan 0,1 sentimeter (cm). Berarti untuk mengubahnya harus dibagi dengan bilangan 10.

Rumus Milimeter ke Sentimeter

Konversi ukuran dari mm ke cm atau sebaliknya memang menjadi penting untuk dipelajari. Biasanya digunakan dalam merekayasa suatu proyek, mengukur bahan kain dalam membuat pakaian dan lainnya.

Bukan tanpa alasan, satuan cm akan lebih mudah untuk melakukan pengukuran ketimbang mm. Jika tidak paham sekali, kamu tidak akan bisa melakukan perhitungan atau konversi secara akurat.

Untuk melakukan konversi sebaiknya mengacu pada sebuah tangga satuan ukuran panjang. Pada tangga konversi, setiap turun satu tangga maka akan dikalikan dengan angka 10. Namun jika naik satu anak tangga seperti mm ke cm harus dibagi dengan bilangan 10.

Baca Juga:  25 Menit Berapa Detik? Cara Menghitung dan Konversi Satuan

Hitungan dalam setiap 1 milimeter memiliki nilai yang setara dengan 1 : 10 sehingga hasilnya 0,1 mm. Berdasarkan definisi tersebut, berarti dalam menghitung milimeter ke sentimeter bisa menggunakan rumus:

N milimeter (mm) = n : 10 = sentimeter (cm)

30 Mm Berapa Cm?

Mengubah satuan mm dalam cm bisa dilakukan dengan rumus konversi yang dijelaskan sebelumnya. Dalam setiap 1 milimeter memiliki nilai yang sebanding dengan 0,1 cm. Caranya adalah dengan membagi milimeter dengan angka 10 untuk menghasilkan nilai dalam cm

Kamu bisa mencoba rumus konversi tersebut untuk menghitung 30 mm berapa cm. Jika masih belum paham, simak contoh perhitungannya di bawah ini:

Rumus= n : 10 cm/meter

= 30 : 10

= 3 cm

Dari perhitungan ini maka sudah bisa disimpulkan bahwa dalam setiap 30 mm sebanding dengan 3 cm. Perhitungan secara manual ini sangat mudah dan akurat sehingga kamu tidak perlu menggunakan kalkulator online.

Contoh Soal Konversi Milimeter ke Sentimeter

Mengubah satuan panjang seperti milimeter ke sentimeter atau lainnya bisa dilakukan secara manual. Namun agar bisa dipahami dengan baik, berikut ini akan dilengkapi beberapa contoh soalnya:

Baca Juga:  60 Cm Berapa Meter? Cara Hitung dan Rumus Konversinya

1. Contoh 1

Sebuah tiang mempunyai ukuran panjang mencapai sekitar 200 mm. Berapakah panjang dari tiang tersebut jika diukur dalam cm?

Pembahasan:

Mengubah ukuran milimeter menjadi sentimeter harus dibagi dengan angka 10. Perhitungannya yaitu 200 milimeter : 10 sehingga hasilnya adalah 20 sentimeter (cm).

2. Contoh 2

Bahan kain yang digunakan untuk membuat pakaian memiliki panjang sekitar 400 milimeter. Berapa panjang kain tersebut jika diubah dalam sentimeter?

Pembahasan:

Pertama untuk mengubah satuan mm ke cm adalah membaginya dengan bilangan 10. Hal ini berarti 400 mm : 10 adalah 40 cm.

Konversi satuan dari 30 mm berapa cm dapat dilakukan menggunakan rumus yang disampaikan. Materi ini penting untuk dipahami karena berguna dalam membandingkan berbagai ukuran secara mudah. Biasanya dibutuhkan dalam perencanaan konstruksi, pembuatan model skala dan pengukuran lainnya.