3 Pangkat 7 Berapa Hasilnya? Cara Menghitung dan Rumusnya


Uinsuka.ac.id – Bentuk pangkat atau yang kerap disebut eksponen dapat diselesaikan melalui beberapa cara mudah. Model perpangkatan yang paling sering ditemukan dalam berbagai hal adalah pangkat positif. Seperti misalnya 3 pangkat 7 berapa yang akan dibahas dalam artikel ini.

Pertama kamu harus paham terlebih dahulu mengenai arti dari pangkat agar terhindar dari kesalahan. Bila disampaikan 3^7, berarti bilangan dasar harus dikalikan secara berulang sesuai jumlah pangkat.

Rumus Umum Menghitung Pangkat

Sebelum masuk ke perhitungan 3 pangkat 7 berapa, kamu harus memahami pengertian pangkat dan rumusnya. Bilangan pangkat bisa digunakan untuk perhitungan matematika terkait bilangan yang dinaikkan pada pangkat tertentu.

Salah satu contoh yang kerap ditemui adalah untuk menghitung rumus luas kubus dan persegi panjang. Operasi pangkat bisa digunakan dalam mengukur lebar atau panjang yang dinaikkan dalam pangkat 2 dan lainnya.

Pangkat sendiri bisa diartikan sebagai perkalian dari sebuah bilangan dengan dirinya sendiri sesuai jumlah pangkat. Namun penting untuk diperhatikan bahwa bilangan apapun yang memiliki pangkat 0 maka hasilnya 1.

Baca Juga:  300 Gram Berapa mL? Rumus, Jawaban, Pembahasan, Contoh

Hal ini karena pangkat 0 termasuk identitas perkalian dengan rumus bilangan 0 = 1. Sementara itu, rumus perhitungan dari bilangan berpangkat secara umum adalah:

Bilangan pangkat n = bilangan x bilangan x ……….(sebanyak n kali)

3 Pangkat 7 Berapa?

1. Cara Menjawab

Setelah memahami rumus yang ada, perhitungan bilangan pangkat tentu bisa dilakukan dengan mudah. Kamu juga bisa menggunakan rumus tersebut untuk memecahkan bilangan lainnya secara kompleks.

Rumus pangkat berarti bilangan yang dinaikkan dalam sebuah pangkat tertentu. Ini berarti bahwa bilang dasar yang dinaikkan adalah 3 dan memiliki pangkat 7. Simak kurang lebih perhitungannya seperti berikut ini:

3^7 =3 x 3 x 3 x 3 x 3 x 3 x 3 =2187

Dari perhitungan tersebut, bisa diketahui bahwa nilai dari 3 pangkat 7 adalah 2187. Perhitungan ini menggunakan sifat pangkat bilangan positif sehingga hasil perkaliannya positif.

2. Contoh Lain dari Bilangan Pangkat

Selain 3 pangkat 7, masih banyak operasi pangkat lainnya yang perlu dipahami dengan baik. Operasi pangkat ini dibutuhkan dalam banyak bidang, terutama dalam fisika dan matematika. Inilah beberapa contoh lainnya dari operasi bilangan berpangkat:

  • Hitunglah nilai dari 3^3 = 3 x 3 x 3 = 27
  • Hitunglah nilai dari 6^3 x 8^2= (6 x 6 x 6) x (8×8) = (216) x (64) = 13842
  • Hitunglah nilai dari bilangan 7^4 = 7 x 7 x 7 x 7 = 2401
  • Hitunglah nilai dari 5^3 = 5 x 5 x 5 = 75
  • Hitunglah nilai dari 9^2 = 9 x 9 = 81
  • Hitunglah nilai dari 4^3 = 4 x 4 x 4 = 64
Baca Juga:  Hasil 3 Pangkat 5 Berapa? Cara Menjawab dan Contoh Soal

Untuk mencari hasil dari 3 pangkat 7 berapa sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan. Perhitungannya adalah dengan mengalikan bilangan 3 dengan dirinya sendiri hingga 7 kali. Pastinya sangat mudah sehingga tidak perlu menggunakan alat bantu seperti kalkulator.

error: