1,2 Pangkat 3 Berapa? Cara Mudah Hitung Bilangan Berpangkat


Uinsuka.ac.id – Saat mengerjakan matematika, tentu kamu sudah kerap menjumpai bilangan berpangkat atau eksponen. Eksponen menunjukkan perkalian bilangan dasar sesuai dengan jumlah pangkat yang dimiliki. Jika paham materi ini maka bisa menyelesaikan soal 1,2 pangkat 3 berapa secara mudah.

Perhitungannya berarti mengalikan angka 1,2 secara berulang sebanyak jumlah pangkatnya. Mari kita pelajari lebih lengkap terkait eksponen dan cara menghitungnya di bawah ini.

Rumus Bilangan Pangkat

Sudah disinggung bahwa eksponen menunjukkan sebuah bilangan yang dikalikan dirinya sendiri sesuai jumlah pangkat. Eksponen bisa dalam bentuk bilangan negatif, bilangan pecahan, bulat atau negatif.

Keberadaan eksponen sangat penting karena hasil perkalian bilangan berulang dengan dirinya akan lebih sulit ditulis. Seperti misalnya akan lebih mudah untuk penulisan 1,5^3 ketimbang 1,5 x 1,5 x 1,5 x 1,5. Hal ini berarti bahwa rumus umum yang bisa digunakan adalah:

Baca Juga:  20 Ons Berapa Kg? Cara Menghitung dan Contoh Soal Terbaru

a pangkat n = a x a x a……sebanyak n kali

Berdasarkan rumus tersebut, bisa disebutkan bahwa a sebenarnya adalah bilangan dasar atau pokok. Sedangkan untuk n merupakan istilah pangkat yang digunakan untuk mengalikan bilangan pokok.

1,2 Pangkat 3 Berapa?

Sekarang kamu sudah paham mengenai rumus bilangan berpangkat yang bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini akan sangat berguna untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan aljabar.

Bukan hanya itu, bilangan pangkat juga dibutuhkan untuk mengukur meter persegi, luas persegi dan sentimeter kubik. Jadi sebenarnya nilai dari 1,2 pangkat 3 berapa?

Cara menghitung untuk menjawab soal tersebut bisa berpedoman pada rumus yang sudah disampaikan. Kalikan angka 1,2 sebanyak 3 kali sesuai eksponen yang sudah disebutkan dalam soal. Jika dituliskan maka bentuk perhitungannya yaitu 1,2 x 1,2 x 1,2 = 1,728.

Contoh Soal Bilangan Pangkat dan Pembahasan

Beberapa contoh soal bilangan pangkat memang banyak ditemukan dalam pelajaran matematika. Agar semakin memahami materi yang cukup sederhana ini, berikut ini kumpulan contohnya:

1. Hitung Nilai dari Bilangan 2^3

Jika ingin mencari hasil dari 2^3, kamu tinggal kalikan angka 2 sebanyak 3 kali. Perhitungannya yaitu 2 x 2 x 2 sehingga hasilnya adalah 8.

Baca Juga:  19.30 Jam Berapa? Cara Menjawab dan Format Waktu

2. Hitunglah Nilai dari 7^5

Cara menghitungnya adalah dengan mengalikan angka 7 sebanyak 5 kali, yaitu 7 x 7 x 7 x 7 x. Hasil dari perhitungan 7 pangkat 5 adalah 16807.

3. Hitunglah Nilai dari 0,75^3

Meskipun dalam bentuk pecahan desimal, metode hitungnya masih sama dengan yang sebelumnya. Kamu hanya perlu mengalikan angka 0,75 tersebut sebanyak 3 atau dituliskan 0,75^3. Hasil perhitungannya kurang lebih adalah seperti berikut ini 0,75 x 0,75 x 0,75= 0,421875.

Bilangan pangkat dalam bentuk desimal tidak perlu diubah karena hasil akhirnya sama. Hal ini harus dipahami sehingga bisa menyelesaikan soal 1,2 pangkat 3 berapa. Kamu bisa mengalikan angka 1,2 sebanyak 3 kali dengan berpedoman pada rumus yang ada.

error: