3 Km Berapa Meter? Cara Menghitun Satuan Jarak/Panjang

Uinsuka.ac.id – Baik dalam perhitungan matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari, melakukan konversi satuan jarak seperti pertanyaan 3 km berapa meter bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini dikarenakan sudah tersedia alat bantu yang disebut “tangga satuan” jarak.

Disebut tangga satuan karena berbagai satuan jarak disusun seperti anak tangga. Dimulai dari satuan jarak terbesar yaitu kilometer, terus disusun urut hingga ke satuan jarak terkecil yaitu milimeter. Secara total terdapat tujuh satuan jarak yang terdapat di tangga satuan tersebut.

Urutan Satuan Jarak

Tujuan penyusunan seperti anak tangga ini adalah untuk memudahkan perhitungan konversi dan juga agar tidak sulit dihafal. Seperti penjelasan berikut:

1. Urutan Satuan Jarak

Dengan pengurutan seperti ini, menghafal susunannya tidak akan sulit. Saat perhitungan tinggal menghitung jarak antara satuan tersebut untuk mengetahui kelipatannya.

  • Kilometer atau disingkat km
  • Hektometer atau disingkat hm
  • Dekameter atau disingkat dam
  • Meter atau disingkat m
  • Desimeter atau disingkat dm
  • Sentimeter atau disingkat cm
  • Milimeter atau disingkat mm
Baca Juga:  2 Pangkat 6 Berapa? Cara Menghitung dengan Rumus Pangkat

2. Contoh Penerapan

Untuk memudahkan perhitungan konversi, seperti pertanyaan 3 km berapa meter dalam artikel ini, setiap anak tangga harus dikalikan atau dibagi dengan 10 atau kelipatannya. Seperti berikut:

Konversi satuan jarak besar ke kecil, berarti “turun” tangga, maka setiap anak tangga dikalikan 10. Misalnya: turun 1 anak tangga = x 10. Turun 2 anak tangga = 10 x 10 = 100, dan seterusnya. Seperti contoh berikut:

  • 1,5 kilometer = 1,5 x 1000 = 1500 meter
  • 3,75 desimeter = 3,75 x 100 = 375 milimeter

Konversi satuan jarak kecil ke besar, berarti “naik” tangga, maka setiap anak tangga dibagi dengan 10 atau kelipatannya sesuai jumlah kenaikan urutan. Contohnya:

  • 1275 milimeter = 1275 / 1000 = 1,275 meter
  • 575 dekameter = 575 / 100 = 5,75 kilometer

3 Km Berapa Meter?

Untuk menjawab pertanyaan ini, bisa memanfaatkan standar perhitungan tangga satuan jarak. Dengan begitu, akan memudahkan untuk menghitung konversinya. Berikut ini adalah langkah menghitungnya:

Kilometer diubah ke satuan meter, berarti turun 3 anak tangga. Jadi berarti harus mengalikan nilai 10 sebanyak tiga kali kelipatan menjadi 10 x 10 x 10 = 1000. Sehingga:

Baca Juga:  2000 Gram Berapa Kg? Ini Cara Hitung dan Rumusnya

3 kilometer = 3 x 10 x 10 x 10 = 3 x 1000 = 3000 meter.

Sederhana sekali menghitungnya, bukan? Menghitung konversi satuan jarak memang tidak sulit jika sudah mengetahui urutan besaran satuan jarak seperti yang diurutkan pada tangga satuan di atas. Jika bisa menghafalkan urutannya tentu akan lebih mudah lagi.

Menjawab pertanyaan 3 km berapa meter sudah diselesaikan dengan mudah karena memanfaatkan standar urutan satuan jarak dan menghitung konversinya. Memahami prinsip perhitungan ini akan memudahkan untuk melakukan konversi satuan jarak yang beragam lainnya.