0,25 Meter Berapa cm? Cara Menghitung Sesuai Tangga Satuan

Uinsuka.ac.id – Untuk menjawab pertanyaan seperti 0,25 meter berapa cm, maka hal pertama yang perlu diperhatikan adalah konversinya. Dalam hal ini adalah perubahan dari meter ke centimeter. Dalam pelajaran matematika, perubahan atau konversi satuan tersebut sudah ada langkah mudahnya.

Biasanya, untuk memudahkan, maka digunakan “tangga satuan” yang satuannya makin kecil. Namun secara satuan nilai, justru bertambah besar karena harus dikalikan dengan 10 jika arahnya menurun dan dibagi dengan 10 jika arahnya naik.

Cara Menghitung Konversi Satuan Panjang

Seperti yang disebutkan di atas, tangga satuan memiliki urutan atau susunan satuan panjang yang umum digunakan. Nantinya urutan ini akan menentukan perkalian atau pembagian yang harus dilakukan.

1. Tangga Satuan

Berikut adalah urutan besaran satuan panjang dari satuan terbesar hingga terkecil:

  • Kilometer (km)
  • Hektometer (hm)
  • Dekameter (dam)
  • Meter (m)
  • Desimeter (dm)
  • Centimeter (cm)
  • Milimeter (mm)
Baca Juga:  2 Pangkat 6 Berapa? Cara Menghitung dengan Rumus Pangkat

2. Contoh Cara Menghitung

Setelah mengetahui urutan atau susunan satuan panjang yang disebutkan di atas, untuk menghitungnya ternyata tidak sulit. Kuncinya adalah mengalikan setiap tangga turun dengan bilangan 10 (x10). Contohnya:

  • 1 kilometer = 1 x 10 = 10 hektometer
  • 2 hektometer = 2 x 10 x 10 = 200 meter
  • 100 meter = 100 / 1000 = 0.1 kilometer

Dengan pola tersebut maka dapat diketahui setiap anak tangga turun akan dikalikan 10. Hektometer ke meter turun dua tangga maka dikalikan 100 (atau 10 x 10). Pola yang sama berlaku untuk semua satuan panjang yang ada dalam urutan tangga.

Sebaliknya, untuk satuan yang urutannya naik, misalnya meter ke kilometer, maka harus dibagi 1000. Seperti contoh di atas karena dari meter ke kilometer naik tiga anak tangga yang berarti harus dibagi = 10 x 10 x 10 = 1000. Begitu seterusnya untuk urutan yang naik (dari satuan kecil ke satuan besar).

0,25 Meter Berapa Cm?

Dari penjelasan di atas, satuan yang akan dibahas kali ini adalah meter ke centimeter (m ke cm). Jika dilihat dari urutannya pada tangga satuan panjang, maka satuan meter turun dua tangga ke centimeter. Artinya 10 x 10 = 100, sehingga:

Baca Juga:  10 Gram Berapa mL? Ini Cara Menghitung dan Contohnya

1 meter x 100 = 100 centimeter.

Lalu untuk menjawab pertanyaan 0,25 meter berapa cm, maka perlu digunakan pola yang sama seperti yang telah dicontohkan di atas, yaitu:

0,25 meter x 100 = 25 centimeter.

Tidak sulit, bukan? Hal terpenting adalah memahami urutan satuan panjang yang digunakan dalam soal. Caranya dengan panduan tangga satuan panjang yang disingkat seperti urutan yang diberikan pada bagian awal artikel ini.

Pertanyaan 0,25 meter berapa cm telah terjawab yaitu 25 cm. Jawaban tersebut diperoleh dengan memperhatikan urutan susunan satuan panjang sesuai “tangga”. Dengan menghafalkan urutannya, akan mudah diketahui satuan mana yang lebih besar dan apakah harus dikali atau dibagi.