10 Ons Berapa Gram? Cara Menghitung Satuan Berat


Uinsuka.ac.id – Dalam pelajaran matematika sering diberikan pertanyaan seperti 10 ons berapa gram. Pertanyaan seperti ini terbilang penting untuk memahami adanya perhitungan konversi satuan berat. Karena melakukan konversi satuan berat juga kerap dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti misalnya saat melakukan pembelian barang atau makanan atau bahan lainnya. Sehingga memang perlu memahami urutan satuan berat yang dimaksud. Untuk memudahkan pemahaman maka ada alat bantu yang disebut “tangga satuan” berat.

10 Ons Berapa Gram?

Untuk menghitung dan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan konversi satuan berat memang sebenarnya tidak sulit. Manfaatkan tangga satuan berat agar bisa mengetahui urutannya dan langkah pengerjaannya yang benar.

Pada umumnya orang memang lebih mengenal sebutan ons dibandingkan dengan hektogram. Namun keduanya adalah satuan yang sama nilainya, hanya berbeda sebutan saja. Jadi pertanyaan di atas bisa dijawab dengan melakukan langkah berikut:

Baca Juga:  30 Menit Berapa Jam? Rumus Konversi Waktu

Hektogram atau ons ke satuan gram berarti turun 2 urutan (atau 2 anak tangga), berarti nilai konversinya adalah 10 x 10 = 10 pangkat 2 = 100. Sehingga untuk menjawab pertanyaan tersebut, hanya perlu dikalikan seperti berikut:

1 ons = 1 x 10 x 10 = 1 x 100 = 100 gram, jadi

10 ons = 10 x 100 = 1000 gram

Satuan Berat

Menghitung berat biasa digunakan untuk berbagai benda agar memudahkan perhitungan. Konversinya pun dilakukan untuk menyederhanakan perhitungan. Khususnya untuk yang satuannya besar.

1. Susunan Satuan Berat

Sebutan tangga satuan berat diperoleh dari gambaran urutan satuan yang tersusun dari satuan terbesar yang diletakkan di urutan teratas dan terus dibuat urutan selanjutnya seperti anak tangga hingga ke satuan berat terkecil. Seperti urutan berikut ini:

  • Kilogram yang disingkat kg
  • Hektogram yang disingkat hg, pada umumnya disebut dengan ons
  • Dekagram yang disingkat dag
  • Gram yang disingkat g (atau gr)
  • Desigram yang disingkat dg
  • Sentigram yang disingkat cg
  • Miligram yang disingkat mg

2. Prinsip Perhitungan

Prinsip perhitungan konversi (seperti pada pertanyaan 10 ons berapa gram di atas) terbilang cukup sederhana, yaitu dengan perkalian atau pembagian dengan bilangan 10 serta kelipatan pangkatnya. Misalnya, 10, 100, 1000, dan seterusnya. Dengan penerapan sebagai berikut:

  • Konversi dari satuan besar ke satuan kecil, atau disebut dengan arah turun tangga, maka setiap 1 anak tangga harus dikalikan 10 atau kelipatannya.
  • Sebaliknya, konversi dari satuan kecil ke satuan besar, atau disebut dengan arah naik tangga, maka setiap 1 anak tangga harus dibagi 10 atau kelipatannya.
Baca Juga:  150 Menit Berapa Jam? Konversi Satuan Waktu

Contoh Perhitungan Konversi

Berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa digunakan untuk berlatih:

  • 1,8 ons = 1,8 x 100 = 180 gram
  • 57 gram = 57 x 1000 = 57000 miligram
  • 5600 sentigram = 5600 / 100 = 56 gram
  • 1850 gram = 1850 / 1000 = 1,85 kilogram

Dari penjelasan di atas, menjawab pertanyaan 10 ons berapa gram tidak sulit. Pahami urutan satuan berat yang dalam pertanyaan agar bisa mengetahui berapa besar nilai konversinya serta apakah dihitung dengan perkalian atau pembagian.

error: