1,4 Ton Berapa Kg? Cara Hitung dan Jawabannya


Uinsuka.ac.id – Ton adalah satuan berat yang sering digunakan untuk mengukur barang atau benda-benda besar atau jumlahnya banyak, seperti beras misalnya. Contohnya beras sebanyak 1,4 ton berapa kg, maka harus dihitung dengan memakai rumus satuan internasional (SI).

Dalam Sistem Satuan Internasional dicantumkan dengan jelas satuan-satuan berat yang digunakan secara berjenjang, layaknya tangga. Jenjang tersebut menunjukkan konversi satuan berat agar penghitungan bobot benda lebih mudah dilakukan dan tidak keliru.

Menghitung 1,4 Ton Berapa Kg

Supaya bisa menjawab pertanyaan 1,4 ton berapa kg maka harus dipahami dulu bagaimana konversi satuan berat yang berlaku pada sistem SI. Pertama, ketahui dulu 1 ton itu berapa kilogram menurut rumus satuan berat SI.

Kilogram adalah satuan berat yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam kehidupan harian. Misalnya berat beras, gula, tepung, telur dan sebagainya, umumnya dinyatakan dengan kilogram. Berbeda dengan negara barat, seperti Inggris dan Amerika Serikat, memakai ton.

Baca Juga:  7 Cara Menghitung Akar Pangkat 2 dan Contoh Soal

Untuk menghitung berat dari ton menjadi kilogram, kamu harus mengkonversinya lebih dulu. Dari ton ke kilogram harus turun tiga jenjang, maka konversi yang digunakan adalah dengan dikalikan 103 atau 1000. Jadi, kalau 1,4 ton dijadikan kg, maka perhitungannya:

1,4 ton = 1,4 x 1000 (kg)

1,4 ton = 1.400 kg

Dari perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa 1,4 ton nilainya setara dengan 1.400 kilogram (kg). Rumus konversi untuk satuan berat tersebut juga berlaku bagi angka-angka yang lainnya.

Contoh Soal Ton ke Kilogram

Ton dan kilogram adalah dua satuan berat yang sangat sering digunakan oleh orang Indonesia dalam kesehariannya. Untuk itulah, sebaiknya bagaimana cara menghitung ton menjadi kilogram dipahami dengan benar. Contoh di bawah ini dapat memperjelas bagaimana perhitungan ton menjadi kg.

1. Contoh 1

Pemerintah Desa Sukamarmuk membeli beras untuk dibagikan kepada masyarakat sebanyak 20 ton. Jika jumlah penduduk desa adalah 10.000 orang, maka berapa kg beras yang akan diterima oleh setiap orang?

Caranya menghitungnya yaitu:

Baca Juga:  1,4 Kg Berapa Gram? Cara Menghitung dan Contoh Soal

Jumlah beras seluruhnya dalam kg = 20 x 1000 kg = 20.000 kg

Beras yang diterima setiap orang = 20.000 kg / 10.000 = 2 kg

Jadi, berat beras keseluruhan adalah 20.000 kg dan setiap orang akan menerima sebanyak 2 kg beras.

2. Contoh 2

Udin diminta oleh atasannya untuk membeli pupuk urea sebanyak 2,5 ton. Berapa kg pupuk yang harus dibeli Udin sesuai perintah atasannya?

Cara menghitungnya yaitu mengalikan 2,5 ton dengan angka 1000 supaya satuannya menjadi kilogram, seperti rumus konversi berat standar internasional. Maka, berat pupuk urea yang harus dibeli Udin adalah 2,5 x 1000 = 250 kg.

Contoh perhitungan seperti 1,4 ton berapa kg bisa digunakan sebagai acuan ketika harus mengubah berat dari ton menjadi kilogram. Rumus dan cara menghitung yang digunakan sama, yaitu dikalikan dengan 1000, berapapun angka yang digunakan jika ingin mengganti ton menjadi kilogram.

error: